Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Cara Jitu Membuat Iklan yang Menarik bagi Calon Pembeli

3 min read

cara membuat iklan yang menarik bagi calon pembeli

Cara membuat iklan menjadi menarik itu penting karena iklan adalah sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan promosi.

Nah, tujuan dari dibuatnya iklan ini adalah mengambil perhatian orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sebuah iklan harus dibuat se-catchy mungkin agar menarik perhatian orang yang melihat dan mengubahnya menjadi pelanggan.

Tenang saja, kami memiliki cara membuat iklan yang bisa mengalihkan perhatian siapapun yang melihatnya sehingga tertarik untuk membeli.

Namun sebelum membahas inti dari artikel ini, mari cari tahu lebih dahulu apa itu iklan.

Apa Itu Iklan?

Di awal sudah sedikit disinggung bahwa iklan adalah sebuah media pemasaran di mana fungsinya adalah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa.

Iklan atau mengiklankan produk adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis agar ada orang yang mengetahui bisnis mereka dan tertarik untuk mencobanya.

Media promosi yang satu ini dulunya bisa ditemukan di koran, baliho, pamflet dan media cetak lainnya.

Namun, semakin maju teknologi, Anda bisa beriklan di radio, TV, dan bahkan sekarang bisa menggunakan media digital seperti media sosial dan SERP.

Dengan media sosial, Anda bisa membuat sebuah kampanye iklan yang dapat muncul di timeline orang tanpa mereka harus mengikuti akun bisnis yang dijalankan.

Sedangkan dengan SERP, Anda bisa melakukan strategi SEM dan SEO untuk mengiklankan produk Anda.

Kabar baiknya adalah, iklan sekarang ini bisa disesuaikan dengan budget Anda jika memilih untuk menggunakan SERP, dengan SEM dan SEO, atau media sosial.

Hal ini dinilai lebih ekonomis sekaligus lebih tepat sasaran karena iklan yang ditayangkan sesuai dengan algoritma pengguna akun media sosial/SERP tersebut.

Tapi, semakin mudah diaksesnya sesuatu hal, pasti persaingannya semakin ketat. Otomatis karena harga yang terjangkau, siapa pun bisa berikan.

Nah, bagaimana cara agar iklan Anda terlihat menarik bagi yang melihat dan kesannya lain daripada kompetitor yang ada di industri yang sama?

Simak cara jitu untuk membuat iklan menarik bagi siapa saja yang melihatnya agar bisnis Anda berhasil!

Cara Membuat Iklan yang Menarik Hati

kampanye iklan
Ilustrasi kampanye iklan Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Tak kenal maka tak sayang adalah ungkapan yang memang benar adanya. Bagaimana orang bisa menjadi pelanggan dan jatuh hati kepada produk Anda jika mereka saja tidak tahu bahwa brand bisnis Anda ini ada.

Iklan adalah solusi untuk permasalahan tersebut. Kini tugas Anda hanyalah membuat iklan tersebut menjadi menarik.

Nah, berikut ini adalah tips-nya!

1. Tentukan Target Audiens

Target audiens Anda adalah target pasar. Tidak mungkin, kan jika Anda berjualan alat pancing tapi menargetkannya ke ibu-ibu rumah tangga?

Mungkin ada ibu-ibu rumah tangga yang hobi memancing, tapi jumlahnya tidak akan mendatangkan revenue untuk Anda.

Nah, jangan sampai salah target karena ini akan menentukan semua aspek dari iklan Anda nantinya.

2. Temukan UPS (Unique Selling Point)

Carilah apa yang paling menonjol di bisnis Anda dan hal tersebut sekiranya berbeda dari kompetitor dalam industri yang sama.

USP ini akan sangat penting untuk diberikan tekanan agar orang-orang merasa produk Anda memang layak dibeli karena memiliki keunggulan.

Keunggulan ini bisa dari segi kualitas, kuantitas, citra merek dan lain sebagainya.

3. Buat Kesan yang Memorable

Memorable bukan sekadar mudah diingat, tetapi juga menimbulkan kesan yang baik di benak pelanggan.

Mengambil perhatian siapa pun yang melihat iklan Anda bisa ditempuh dengan membuat pesan atau jargon.

Ini juga bisa menjadi hal yang dapat ditonjolkan agar lebih stand-out daripada kompetitor Anda.

4. Buat Video Iklan

Cara jitu membuat iklan yang menarik lainnya adalah dengan membuat video iklan. Tidak perlu panjang. Berdurasi singkat dalam hitungan 15 detik hingga 30 detik bisa dikatakan cukup.

Poin terpentingnya adalah Anda bisa menonjolkan visual yang menarik, dan memilih lagu yang tepat sesuai dengan apa yang digemari oleh pasar Anda.

5. Buat Headline Powerful

Jangan lupa sertakan headline di caption atau bahkan di dalam materi konten visual Anda karena ini salah satu cara membuat iklan menjadi menarik.

Orang-orang pasti akan menjatuhkan pandangannya kepada headline terlebih dahulu sebelum melihat kontennya.

Nah, ini lah yang harus Anda lakukan. Buat headline yang unik dan catchy agar pelanggan mau menggali info lebih lanjut mengenai produk dari bisnis Anda.

6. Buat atau Ambil Gambar Eye-catching

Elemen visual yang menarik mata adalah kunci dari cara membuat iklan Anda menarik. Hal ini ada alasannya.

Manusia adalah makhluk visual. Manusia cenderung menyukai hal yang menurutnya memiliki nilai eksentrik dan indah.

Anda bisa mengekspresikannya saat membuat konten yang melibatkan elemen visual. Bermain lah dengan paket warna dan buat moodboard sebagai inspirasi.

7. Berikan CTA (Call To Action)

Call to action atau CTA adalah hal yang sangat penting dan jangan sampai terlewat, karena dengan CTA Anda bisa mengajak calon pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Contoh, “Jadi tunggu apa lagi? Klik keranjang kuning”, “Masukkan kode ABCD50 untuk dapatkan potongan 50%” atau “Klik link di bio untuk penawaran spesial”.

Anda bisa bereksperimen sesuai dengan gaya bahasa dan tone dari brand bisnis Anda.

8. Selipkan Penawaran Menarik

Membuat penawaran yang membuat orang-orang berpikir bahwa produk atau jasa Anda worth to buy adalah dengan menyelipkan penawaran.

Ini bisa berwujud kupon, kode potongan, gratis ongkir ke wilayah tertentu dan lain-lain.

Siap Memulai Bisnis Anda?

Menjalankan bisnis aar laris manis tidak lepas dari melakukan sejumlah kampanye marketing. Hal ini termasuk beriklan.

Membuat iklan harus lah menarik, maka dari itu akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat iklan yang menarik.

Nah, untuk trik lainnya mengenai marketing, bisnis serta dunia IT, Anda bisa selalu membaca postingan blog GoldenFast Network, ya.

Semoga bermanfaat!

Nadia Agatha Pramesthi Penulis sekaligus penerjemah yang suka belajar. Mempelajari SEO dan bahasa dari sisi linguistik, lebih tepatnya. Kini Nadia menjadi seorang penulis untuk GoldenFast Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published.