Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

10+ HTML Editor Terbaik Tahun 2021

4 min read

Daftar HTML Editor Terbaik

Untuk memudahkan Anda menulis kode HTML dan membuat website yang sesuai dengan keinginan, Anda membutuhkan HTML editor yang menawarkan fitur-fitur lengkap terbaik.

Meskipun memang semua jenis teks editor bisa bekerja baik dengan bahasa markup ini, beberapa HTML editor mempunyai fitur yang bisa mengoptimalkan sintaks HTML itu sendiri lho!

Nah di artikel kali ini, kami akan membahas beberapa pilihan HTML editor terbaik berdasarkan fitur, fungsi, kemudahaan penggunaan & penyesuaian, harga, dan masih banyak lainnya.

Yuk langsung saja kita lihat 20 HTML editor terbaik yang wajib untuk Anda coba!

Jenis HTML Editor

Saat ini ada dua jenis HTML editor yang sering digunakan: tekstual dan juga WYSIWYG (what you see is what you get) editor.  Nah berikut adalah penjelasan dari kedua jenis tersebut!

Tekstual HTML Editor

Sesuai dengan namanya, tekstual editor adalah tool HTML berbasis teks dokumen. Jenis editor yang satu ini biasanya digunakan oleh web developer dan programmer.

Alasannya adalah karena Anda harus mempunyai pengetahuan yang lengkap tentang sintaks dan juga aturan-aturan HTML  untuk bisa menggunakan editor tekstual.

Menggunakan editor HTML tekstual, Anda akan mendapatkan kendali penuh atas kode dan dokumen HTML. Anda akan bisa melihat hasil editan pada proses akhir.

WYSIWYG HTML Editor

Berbeda dengan tekstual editor yang hasilnya hanya bisa dilihat pada proses akhir, editor yang satu ini memungkinkan Anda untuk melihat hasil editing secara live melalui fitur preview.

Umumnya, editor HTML WYSIWYG (what you see is what you get) ini memiliki interface intuitif yang mudah dipahami 一 itulah kenapa editor ini sangat cocok digunakan oleh para pemula.

Selain itu, saat ini banyak editor WYSIWYG yang menawarkan fitur drag-and-drop layaknya website builder yang tentunya akan mempercepat dan memudahkan pekerjaan Anda. 

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

10+ Daftar HTML Editor Terbaik

Berikut adalah daftar dan juga penjelasan singkat dari beberapa pilihan editor HTML terbaik yang bisa Anda coba di tahun ini!

1. KomodoEdit

Komodo Edit HTML editor

Pilihan HTML editor yang pertama jatuh pada Komodo Edit, platform open-source gratis 

yang menyediakan banyak fitur bermanfaat untuk pengembangan HTML dan CSS.

Selain itu, Komodo Edit juga memungkinkan Anda untuk menambahkan ekstensi plugins untuk lebih banyak dukungan bahasa, karakter khusus, dan fitur-fitur bermanfaat yang lainnya.

Komodo Edit bisa digunakan di beberapa sistem operasi, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Jenis editor Komodo Edit ini adalah editor tekstual yang tidak memiliki fitur live preview.

2. HTML Code Editor

 HTML Code Editor

Pilihan editor lainnya adalah HTML code editor yang merupakan online real-time tool dengan banyak fitur editing dan interface yang intuitive dan beginner friendly.

Semua fitur dan opsi penyesuaian bisa diakses dengan cepat, memudahkan Anda untuk mengganti dan menghapus elemen dan tags saat mengerjakan proyek HTML.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan fitur live preview, find and replace, dan juga WYSIWYG editor saat menggunakan code editor yang satu ini.

3. Notepad++

Notepad++

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, pastinya Anda sudah pernah melihat dan menggunakan aplikasi Notepad sebelumnya.

Nah pada dasarnya, Notepad++ adalah aplikasi pencatat dan editor kode gratis yang merupakan versi lebih tinggi dari aplikasi default Windows tersebut.

Aplikasi Notepad++ mempunyai banyak fitur berguna seperti penomoran baris, kode warna, dan berbagai fitur yang tidak dimiliki aplikasi Notepad standar.

Tidak hanya itu, Notepad++ juga menyediakan add-on plugin dan auto-completion feature untuk baris kata dan fungsi. Aplikasi ini juga sangat ringan dan cepat.

4. Light Table

Light Table HTML Editor

Pilihan HTML editor yang keempat adalah Light Table, editor open-source yang memungkinkan Anda untuk mengedit kode HTML dan mendapatkan feedback secara real time.

Light Table juga bisa disesuaikan melalui beberapa opsi dan keybind agar cocok dengan alur kerja yang Anda inginkan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai platform.

Mulai dari sistem operasi Windows, macOS, sampai Linux. Anda bisa mendapatkan dan menggunakan Light Table secara gratis melalui Github resmi software tersebut.

5. Aptana Studio 3

Aptana Studio 3

Jika Anda membutuhkan editor HTML yang bisa digunakan bersamaan dengan Javascript dan elemen lainnya, Aptana Studio 3 bisa menjadi pilihan yang baik.

Aptana Studio 3 memungkinkan Anda membuat aplikasi web yang kaya akan fitur. Editor ini bukan pilihan yang tepat untuk kebutuhan desain web sederhana. 

Seperti kebanyakan editor HTML lainnya, Aptana Studio 3 bersifat open-source dan menawarkan add-on support seperti plugin dan ekstensi lainnya.

6. Bluefish

Bluefish Editor

Bluefish adalah editor HTML yang cepat dan ringan dan memiliki fitur lengkap. Editor ini bisa digunakan di berbagai platform yang berbeda, termasuk Windows, macOs, dan Linux.

Beberapa fitur terbaik Bluefish adalah pemeriksaan ejaan, pelengkapan otomatis, penyimpanan otomatis dan juga dukungan akan banyak bahasa programming (PHP, CSS, HTML, dsb.)

Aplikasi Bluefish memiliki fleksibilitas untuk para web developer yang ingin menulis kode lebih dari HTML. Jadi jika Anda ingin membuat complex website, editor ini bisa jadi pilihan yang baik.

7. Eclipse

Eclipse Marketplace

Jika Anda membutuhkan aplikasi HTML editor open-source untuk membuat aplikasi web kompleks, Eclipse adalah salah satu pilihan terbaik.

Aplikasi Eclipse ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengembangan kode di berbagai platform dan bahasa pemrograman, tidak hanya HTML.

Selain itu Eclipse juga mempunyai desain plug-in dimana Anda hanya perlu menemukan alat yang Anda butuhkan untuk melakukan fungsi yang Anda inginkan.

8. HTML Online

HTML Online
HTML Online

Nah jika Anda lebih suka menggunakan HTML editor online, HTML online adalah real-time tool yang memberikan banyak fitur lengkap untuk pengkodean. 

Versi gratisnya memberi Anda opsi untuk menghasilkan teks demo untuk pengujian, mengkompres kode HTML, menyesuaikan ukuran teks, dan masih banyak lagi. 

Selain fitur pengeditan HTML, Anda juga mendapatkan berbagai opsi pemformatan teks dalam bentuk editor teks WYSIWYG, konversi dokumen Word ke HTML, dan lain sebagainya.

9. Codepen

CodePen HTML Editor

Nah untuk pilihan HTML editor real-time yang lainnya, Codepen adalah salah satu pilihan terbaik. Editor ini umumnya digunakan untuk pengembangan web dan juga pengeditan HTML. 

Codepen mungkin bukan alat yang sempurna untuk pemula, tetapi jika Anda tahu bahasa CSS, JavaScript, dab HTML, Codepen bisa menjadi editor terbaik untuk Anda.

Dengan Code versi gratis, Anda dapat mengubah tata letak dan mengubah beberapa opsi fitur. Namun untuk membuka kunci semua fitur, Anda mungkin harus memilih versi pro.

Tidak hanya terbatas pada kreasi Anda sendiri, Anda juga dapat menjelajahi apa yang dilakukan orang lain dan mempelajari hal-hal menarik. 

Codepen cocok untuk web developer profesional maupun seorang pemula seperti pelajar; Anda hanya perlu tahu cara bekerja dengan HTML, CSS, dan JavaScript.

10. CoffeeCup

CoffeeCup HTML Editor

Pilihan HTML editor terbaik yang lainnya adalah Coffeecup yang memiliki versi gratis dan juga berbayar. Editor ini juga menawarkan upgrade yang mendukung desain web responsif. 

Coffeecup mempunyai kedua jenis tekstual (versi gratis) dan juga WYSIWYG (versi berbayar) editor. Kedua jenis editor ini sangat cocok digunakan untuk mengedit HTML dan juga CSS.

Untuk seorang developer, CoffeeCup mungkin bukan pilihan yang tepat. Namun jika Anda adalah pemula dalam web design dan juga development, alat ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca juga:Mengenal cPanel dan Fitur-Fitur Unggulannya

Penutup

Nah itu tadi beberapa daftar HTML editor terbaik yang bisa Anda coba Golden friends! HTML adalah bahasa markup yang sering digunakan sebagai fondasi dan susunan sebuah website.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam lagi tentang bahasa ini, kami juga sudah pernah membahas tentang pengertian & cara penggunaan HTML dan kode warna full color HTML terlengkap.

Selain menyediakan artikel informatif, GoldenFast Network juga menawarkan layanan penyewaan server murah terbaik untuk proyek Anda lho Golden friends!

Mulai dari 135 ribuan saja per bulan, Anda bisa mendapatkan Cloud VPS Corporate server yang sangat cocok untuk digunakan oleh website bisnis dengan beban load yang tinggi.

Tidak hanya itu, semua layanan server di GoldenFast Network juga dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service, dan juga 99% uptime lho!

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.