Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Membangun eCommerce Website untuk Bisnis Sukses

3 min read

Setelah mempelajari pengertian dan fungsi eCommerce pada artikel sebelumnya, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara membangun eCommerce website untuk bisnis online.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tutorial dan juga tips terbaik untuk membangun eCommerce website dan toko online yang sukses. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu eCommerce Website?

eCommerce website adalah model bisnis yang melibatkan transaksi penjualan yang dilakukan secara online melalui sebuah website atau aplikasi yang ada di internet.

Menurut definisi e Commerce website adalah situs web yang memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual barang, produk digital, atau layanan online.

Singkatnya, eCommerce website adalah segala jenis website yang menjual jasa atau barang di dalamnya. Nah berikut adalah beberapa jenis eCommerce website yang paling umum:

  • Barang fisik — pelaku bisnis yang memiliki toko offline dapat membangun eCommerce website untuk menjual barangnya ke audiens yang lebih luas.
  • Berbasis layanan —  sistem eCommerce website yang menawarkan layanan dan jasa secara online, seperti menawarkan pekerjaan freelance dan lain-lain.
  • Barang digital — toko online dimana pelaku bisnis yang menjual produk digital seperti software dan video game tidak memerlukan toko fisik untuk menjual produk mereka.
  • Dropshipping — jenis dimana pemilik website tidak memiliki inventory dari barang yang dijual dan menjadi pihak perantara antara penjual asli dan customer.

Cara Membangun eCommerce Website

cara membangun eCommerce website

Untuk membangun eCommerce website atau toko online yang baik, ada beberapa langkah dan faktor yang perlu Anda pertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai website eCommerce atau   toko online untuk bisnis Anda!

1. Pilih produk dan model bisnis

Memutuskan apa yang akan dijual adalah langkah pertama untuk menciptakan bisnis toko online dan juga website eCommerce.

Ada banyak cara untuk menghasilkan ide produk. Anda dapat memanfaatkan tren, niche,

hobi, dan bahkan meluncurkan produk yang memecahkan masalah target audiens Anda.

Pastikan untuk melakukan brainstorming ide dan pilih ide yang paling menonjol. Setelah menemukan pilihan produk terbaik, saatnya memilih model bisnis toko Anda.

Berikut adalah empat model bisnis umum untuk eCommerce:

  • Bisnis ke bisnis (B2B) — bisnis untuk bisnis lain dimana suatu bisnis biasanya mencari dan menyediakan bahan baku untuk produksi lebih lanjut.
  •  Bisnis ke konsumen (B2C) —  jenis bisnis eCommerce yang paling umum dimana pemilik bisnis menjual langsung ke pengguna akhir.
  • Konsumen untuk bisnis (C2B) — beberapa contoh bisnis C2B adalah freelancer, pemasaran afiliasi , dan menulis ulasan online untuk perusahaan.
  • Konsumen ke konsumen (C2C) model bisnis C2C biasanya dilakukan melalui penjualan di pasar online dan situs lelang seperti eBay dan Amazon.

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

2. Pilih platform eCommerce

Saat ini ada banyak platform untuk membangun toko online Anda. Tentunya setiap platform mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih tipe platform terbaik untuk bisnis Anda.

Jika Anda menginginkan pengalaman penjualan yang terbases dari masalah backend dan juga maintenance, gunakan hosted eCommerce platform.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar dengan biaya berlangganan bulanan, dan Anda dapat langsung menggunakan toko online Anda.

Nab berikut adalah beberapa platform hosted eCommerce terpopuler:

  • Shopify — menawarkan integrasi dengan aplikasi dropshipping seperti Ordoro dan eCommHub untuk pengaturan bisnis dropshipping yang mudah.
  • BigCommerce — menawarkan fitur perdagangan lintas saluran. Platform ini memungkinkan Anda untuk menjual melalui sosial media.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan self-hosted software untuk membuat eCommerce website dimana Anda mempunyai kontrol penuh lho Golden friends!

Berikut ini adalah pilihan kami untuk platform eCommerce self-hosted terbaik:

  • WooCommerce — tambahkan plugin ini untuk mengubah situs WordPress Anda menjadi toko online dengan ekstensi seperti WooCommerce payment dan Stripe.
  • Magento — platform eCommerce yang menskalakan bisnis e Commerce,mendukung B2B eCommerce, perdagangan seluler, dan ekspansi global.
  • PrestaShop — eCommerce platform terbaik untuk meningkatkan pendapatan dengan fitur product highlight, localization, dan juga alat SEO.

Jika Anda tidak ingin membuat eCommerce web Anda sendiri, Anda juga bisa langsung menjual produk Anda dari pasar online. Shopee atau Tokopedia, contohnya.

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis untuk Brand Anda

3. Pilih template

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting saat membangun website eCommerce adalah memilih template.

Saat memilih template untuk website toko online Anda, pastikan template tersebut responsif, mobile-friendly, dan bisa loading dengan cepat

Langkah ini  sangat penting untuk kesuksesan toko online Anda, karena saat ini semakin banyak orang yang berbelanja melalui perangkat seluler.

Jika Anda memilih untuk membangun situs eCommerce Anda di platform yang di hosting, biasanya situs ini menawarkan pre-built template yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Ingatlah untuk memilih template yang mencerminkan identitas merek dan toko Anda. Gunakan elemen visual yeng tepat seperti gambar, skema warna, dan pilihan font.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, & Strategi Terbaik

4. Preview & Publish eCommerce Website

Nah setelah melakukan banyak penyesuaian pada tema dan fitur toko online Anda, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah untuk melihat hasil akhir karya Anda.

Jika Anda membuat website melalui CMS seperti WordPress, Anda bisa dengan mudah melihat bagaimana toko Anda akan terlihat melalui fitur Previewnya.

Nah setelah Anda puas dengan hasil akhir yang terlihat, langkah terakhir adalah untuk mengechek semua aspek yang ada dan publish toko online Anda!

Penutup

Untuk seorang pelaku bisnis, mengetahui cara membuat sebuah eCommerce website untuk kesuksesan bisnis adalah skill yang wajib dimiliki dan dikuasai.

Meskipun saat ini ada banyak eCommerce market yang menawarkan kemudahan dalam penjualan online, mempunyai toko online pribadi akan membedakan Anda dari kompetitor.

Nah pada artikel kali ini kami telah membahas beberapa cara mudah membangun eCommerce website beserta beberapa pilihan platform yang bisa Anda coba.

Nantinya jika website eCommerce Anda terus berkembang, mungkin Anda akan membutuhkan sebuah server yang bisa melayani beban trafik yang terus meninggi.

Nah untungnya GoldenFast Network punya solusinya! Hanya dengan 135 ribuan saja perbulan, Anda bisa mendapatkan server VPS dengan 99% uptime lho Golden friends!

Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.