Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, & Strategi Terbaik

3 min read

Brand Awareness Pengertian, Manfaat, & Strategi Terbaik

Berbicara tentang digital marketing, ada banyak strategi dan faktor yang bermain di dalamnya. Salah satunya adalah brand awareness atau kesadaran pelanggan akan merek Anda.

Singkatnya, brand awareness adalah sebuah matrik yang mendeskripsikan seberapa familiar atau kenal pelanggan (target audiens) akan merek dan bisnis Anda.

Dengan banyaknya kompetitor di luar sana saat ini, kesadaran merek adalah salah satu faktor penting yang semua pelaku bisnis harus tahu dan kuasai.

Nah jika Anda tertarik untuk belajar apa itu brand awareness, Anda  berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, manfaat, fungsi, sampai strategi terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Brand Awareness

Singkatnya, brand awareness adalah istilah marketing yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk maupun bisnis.

Kesadaran merek juga mengukur seberapa mudah brand dan produk Anda dikenali dan diingat oleh konsumen maupun target audiens.

Meningkatkan kesadaran merek adalah salah satu langkah wajib dalam sebuah strategi pemasaran bisnis, terutama digital marketing.

Selain itu, membuat brand akan lebih dikenali dan diingat juga akan membangun kepercayaan pelanggan akan merek dan meningkatkan penjualan.

Untuk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), brand awareness juga bisa membantu perkembangan bisnis Anda lho Golden friends!

Tentunya, pelanggan akan lebih memilih untuk menggunakan barang dan jasa dari nama brand dan bisnis yang sudah mereka percaya dan kenali.

Jika pelanggan merasa puas dengan brand dan bisnis Anda, pastinya kemungkinan mereka untuk melakukan repeat order pun juga lebih besar.

Nah brand awareness sendiri bisa datang dari banyak aspek bisnis lho Golden friends! Mulai dari slogan, tagline, logo, sampai barang atau jasa yang ditawarkan.

Pada umumnya, kesadaran merek mempunyai 3 kategori atau tingkatan. Berikut adalah penjelasan singkat tentangnya:

  • Brand recognition (aided recall) — kemampuan konsumen untuk langsung mengenali tampilan, logo, slogan, dan karakteristik lain dari sebuah brand ketika mereka melihat sebuah produk atau jasa. Konsumen tidak harus tahu dan mengingat nama brand tersebut. 
  • Brand recall (unaided recall) — kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan atas kategori produk, pada tingkatan unaided recall ini konsumen langsung bisa mengingat merek produk saat mendengar sebuah kategori produk.
  • Top-of-mind awareness — kategori top-of-mind awareness mengacu pada kemampuan konsumen untuk langsung memikirkan sebuah bisnis atau merek produk saat mereka melihat industri atau kategori tertentu.

Baca juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Tips, & Contohnya

Cara Mengukur Brand Awareness

Nah untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha promosi dalam meningkatkan brand awareness Anda, ada beberapa indikator yang terlibat di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa indikator yang bisa Anda gunakan untuk mengukur brand awareness bisnis Anda:

  • Website traffic — indikator ini menunjukan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dengan bisnis Anda; semakin banyak traffic, semakin tinggi brand awareness bisnis.
  • Brand engagement — pada digital marketing, indikator yang satu ini umumnya dihitung melalui jumlah followers, like, komen, dan interaksi lainnya yang brand Anda dapatkan.
  • Brand Reach — indikator ini menunjukan seberapa luas scope dan reach saat melakukan kampanye promosi; jumlah orang yang melihat iklan dan lain sebagainya.
  • Survey — membantu Anda untuk mengetahui anggapan orang lain tentang merek dan bisnis Anda; survey bisa dilakukan secara online maupun offline.
  • Brand mentions — indikator yang memberitahu Anda seberapa sering brand dan bisnis Anda disebutkan di sosial media platform.

Manfaat Brand Awareness

brand awareness
Designed by Freepik

Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga penjualan, brand awareness punya banyak manfaat lainnya lho Golden friends!

Berikut adalah beberapa keunggulan dari brand awareness untuk bisnis Anda:

  • Meningkatkan strategi marketing word of mouth.
  • Membangun brand equity atau ekuitas merek.
  • Meningkatkan brand credibility atau kredibilitas brand.
  • Membuat brand Anda selalu terpikirkan oleh konsumen.
  • Mengenalkan value, misi, dan visi brand Anda ke publik.
  • Membangun koneksi yang lebih personal dengan konsumen.
  • Membantu pengenalan produk baru dari brand Anda.
  • Meninggalkan jejak dan kesan pada konsumen dan target audiens.
  • Meningkatkan loyalitas konsumen.
  • Mendorong repeat order.

Baca juga: Word of Mouth Marketing: Pengertian & Cara Penerapannya

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Nah setelah mengetahui pengertian, fungsi, manfaat, dan cara mengukur brand awareness, pastinya Anda juga ingin tahu bagaimana cara meningkatkannya.

Nah berikut adalah beberapa strategi terbaik yang bisa dicoba untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda!

1. Pastikan Brand Anda Konsisten

Bisnis dan brand dengan style dan voice yang konsisten biasanya akan lebih mudah untuk membangun brand awareness.

Jika brand mempunyai karakteristik unik dan konsisten dari kompetitor, pelanggan bisa dengan mudah mengenali dan juga mengingat bisnis Anda.

Anda bisa melakukan ini melalui style guide dokumen untuk brand yang harus selalu diikuti oleh semua orang terlibat pada bisnis Anda.

Bukan hanya style dan voice, konsistensi dalam brand logo dan tagline juga sangat penting loh Golden friends!

2. Pastikan Tingkat Kepuasan Konsumen

Jika konsumen Anda merasa puas dengan layanan dan juga produk Anda, tentunya mereka akan lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda nantinya.

Untuk itu, pastikan untuk terus memperhatikan tingkat kepuasan konsumen dengan bisnis Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan hal ini.

Mulai dari memberikan freebies, meningkatkan layanan customer service, sampai memastikan bahwa produk dan layanan Anda memiliki kualitas yang tinggi.

3. Adakan Referral Program

Referral program adalah salah satu strategi terbaik dalam meningkatkan brand awareness.  Dengan strategi ini, pelanggan akan dengan senang hati mempromosikan bisnis Anda.

Referral referral akan memberikan insentif kepada pelanggan yang merekomendasikan produk Anda dan juga pelanggan baru untuk mencoba produk dan layanan Anda.

Dengan begini, Anda akan mendapatkan pelanggan baru dan juga meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda ke pelanggan lama dan baru.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing? Panduan Lengkap untuk Pemula

Penutup

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang brand awareness Golden friends! Bagaimana? Apakah sekarang Anda lebih paham tentang strategi marketing yang satu ini?

Brand awareness memang salah satu strategi yang mampu membantu brand Anda untuk terus berkembang dan mampu bersaing dengan banyak kompetitor lainnya.

Selain itu, kesadaran merek juga mempunyai banyak manfaat lho! Mulai dari meningkatkan penjualan dan kepercayaan pelanggan, sampai membangun kredibilitas brand.

Menarik bukan? Nah selain menawarkan layanan server terbaik, GoldenFast Network juga mempunyai blog informative untuk Anda belajar lebih banyak lagi tentang digital marketing.

Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke blog GoldenFast Network ya Golden friends!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.