Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Router: Pengertian, Jenis, & Cara Kerjanya

3 min read

Router: Pengertian, Jenis, & Cara Kerjanya

Router adalah salah satu perangkat keras komputer yang akan sering Anda temui saat berurusan dengan jaringan network lokal maupun online (internet).

Tugas utama dari router adalah untuk mengatur komunikasi antar jaringan. Router mengambil data packets dari suatu perangkat dan mengarahkannya ke tujuan yang tepat.

Umumnya, router akan menggunakan alamat IP untuk mencari semua data dan memastikan bahwa informasi tersebut akan kembali ke perangkat tujuan.

Nah jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu router, Anda ada di tempat yang tepat! Di artikel kali ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Router?

Singkatnya, router adalah perangkat network switching yang digunakan untuk menentukan rute paket ke jaringan atau perangkat lain yang sesuai.

Router mempunyai dua fungsi utama: mengelola lalu lintas antar jaringan dan membagikan akses internet dan jaringan yang sama ke beberapa perangkat.

Umumnya, router memiliki ukuran dan bentuk kecil yang sangat mirip dengan modem. Alat ini adalah perantara  antara modem dan komputer Anda.

Nah, salah satu tujuan router adalah untuk mengambil data dan informasi dari modem dan mengirimkannya ke beberapa perangkat yang ada pada jaringan tersebut.

Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan internet dan mengakses jaringan secara bersamaan menggunakan koneksi internet yang sama.

Router yang umumnya memiliki dua buah network interface ini bisa menghubungkan jaringan yang menggunakan topologi Bus, Star, dan Ring. 

Meskipun mempunyai mekanisme yang mirip dengan switch dan bridge. Bedanya, router juga digunakan untuk menyaring lalu lintas data data Golden friends!

Fungsi Router

Setelah membaca apa itu router, tentunya Anda penasaran apa saja fungsi router bukan? Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Menghubungkan beberapa jaringan ke beberapa perangkat.
  • Transmisi informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.
  • Menghubungkan atau mengkoneksikan dua jaringan dengan media yang berbeda. 
  • Menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL untuk keamanan ekstra.
  • Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik LAN ke WAN.
  • Membaca sumber dan tujuan alamat IP secara logis agar bisa sampai tujuan.

Baca juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

Cara Kerja Routing

cara kerja router

Berdasarkan mekanismenya, proses routing dibagi menjadi dua jenis: routing langsung (direct routing) dan routing tidak langsung (indirect routing).

Direct routing melakukan transmisi data dari satu alamat IP tanpa adanya host. Sedangkan, transmisi data indirect routing harus melalui host sebelum sampai ke tujuan.

Nah untuk cara kerja router sendiri sebenarnya cukup simpel lho Golden friends! 

Saat Anda membuka browser untuk mengakses internet, komputer Anda mengirimkan paket data untuk membuka informasi yang diminta.

Nah, data packet ini akan berjalan dari komputer ke router Anda. Router kemudian mengirimkan paket data tersebut ke modem yang ada di jaringan. 

Paket data akan mencapai server tujuan melalui internet dan menemukan file yang telah diminta. File tersebut kemudian dikirim ke router dan browser komputer Anda.

Jenis Router

Ada banyak jenis router yang ada di luar sana. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang beberapa tipe router yang bisa Anda pilih!

Wireless

Wireless router adalah perangkat yang mempunyai kemampuan wireless secara default. Sebagian besar router ini juga menawarkan port untuk koneksi kabel.

Umumnya, wireless router menggunakan kabel Ethernet untuk terhubung ke modem dan mendistribusikan data dengan mengubah paket dari kode biner menjadi sinyal radio.

Kemudian wireless router akan menyiarkan dan membagikan radio sinyal menggunakan antena yang ada pada perangkat router tersebut. 

Router wireless tidak menggunakan LAN melainkan WLAN (wireless local area network) yang menghubungkan beberapa perangkat menggunakan komunikasi nirkabel.

Wired 

Seperti router nirkabel, wired router atau router kabel juga menggunakan kabel Ethernet untuk terhubung ke jaringan yang ada pada modem.

Namun, router kabel kemudian menggunakan kabel terpisah untuk menghubungkan ke satu atau lebih perangkat ke jaringan tersebut.

Wired router juga bisa digunakan untuk membuat LAN, menghubungkan perangkat dalam jaringan itu ke Internet, dan masih banyak lagi.

Virtual Router

Router virtual atau vRouter adalah aplikasi perangkat lunak yang mempunyai fungsi yang sama seperti router perangkat keras standar. 

vRouter ini memungkinkan komputer/server untuk memiliki kemampuan router lengkap dalam fungsionalitas dan perutean paket melalui aplikasi perangkat lunak. 

Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) dapat mengimplementasikan router virtual untuk meningkatkan performa jaringan dan sebagai cadangan jika salah satu mesin gagal.

Baca juga: Virtual Machine: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Core Router

Berbeda dengan router yang digunakan dalam LAN rumah atau bisnis kecil, core outer digunakan oleh perusahaan dan bisnis yang mengirimkan paket data volume tinggi.

Core router menghubungkan semua perangkat jaringan dan menyediakan beberapa antarmuka 

komunikasi data cepat. Kata “inti” mengacu pada keseluruhan struktur fisik jaringan.

Router core beroperasi pada “inti” jaringan dan tidak berkomunikasi dengan jaringan eksternal. 

Edge Router

Sementara core router secara eksklusif mengelola lalu lintas data dalam jaringan skala besar, edge router berkomunikasi dengan router inti dan jaringan eksternal. 

Router edge hidup di “tepi” jaringan dan menggunakan BGP (Border Gateway Protocol) untuk mengirim dan menerima data dari LAN dan WAN luar jaringan.

Selain kelima jenis router di atas, berikut adalah tipe-tipe lainnya:

  • Router statis —  proses konfigurasi manual jaringan dan pemilihan rute jaringan menggunakan tabel routing, biasanya dikelola oleh administrator jaringan.
  • Dinamis router — adalah teknik perutean data optimal yang memungkinkan router untuk memilih jalur sesuai dengan perubahan tata letak jaringan logis.

Penutup

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu router, Golden friends. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jika Anda membutuhkan pilihan server terbaik untuk mengelola jaringan dan sistem bisnis Anda, Golden Fast Network punya solusinya!

Mulai dari 135 ribuan per bulan, Anda bisa mendapatkan Cloud VPS Corporate dengan 25GB RAID 10 Storage, 1GB RAM, unmetered bandwidth, dan 1 CPU Core.

Tidak hanya itu, semua layanan GFN hadir dengan fasilitas 24/4 monitoring, 24/7 customer service, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network! Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang apa itu router, tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.