Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Apa Itu AWS? Pengertian & Layanan Amazon Web Services

3 min read

Apa Itu AWS Pengertian & Layanan Amazon Web Services

Jika Anda familiar dengan cloud computing, pasti Anda sudah tahu apa itu AWS. Singkatnya, AWS adalah platform penyedia layanan komputasi cloud milik Amazon.

Layanan cloud yang sering juga disebut dengan Amazon Web Services ini adalah salah satu platform paling komprehensif yang menawarkan ratusan layanan cloud unggulan.

Nah jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam tentang apa itu AWS, Anda beruntung! Pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, jenis layanan, sampai kelebihan AWS. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu AWS?

Amazon Web Services atau AWS adalah layanan komputasi cloud Amazon yang terdiri dari campuran infrastruktur IaaS, PaaS, dan SaaS.

Amazon Web Services terdiri dari banyak layanan alat organisasi seperti daya komputasi, penyimpanan database, sampai layanan content delivery.

Layanan AWS lainnya termasuk server, jaringan, komputasi jarak jauh, email, pengembangan seluler, sampai keamanan.

Platform cloud AWS dikenal sebagai layanan yang menawarkan solusi komputasi awan yang fleksibel, skalabel, mudah digunakan, dan hemat biaya.

Amazon Web Services ini diluncurkan pada tahun 2006 dari infrastruktur internal yang dibangun  untuk menangani operasi ritel online perusahaan Amazon.

Nah, Amazon sendiri adalah salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan model komputasi awan pay-as-you-go yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, lho.

AWS menawarkan banyak layanan dan solusi berbeda untuk perusahaan dan software developer yang dapat digunakan pada pusat data di 190 negara. 

Platform cloud ini juga digunakan di banyak industri lho Golden friends! Mulai dari lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga nonprofit, sampai organisasi swasta.

Baca juga: Google Cloud Platform: Jenis Layanan & Kelebihannya

Jenis Layanan Amazon Web Service

Pada dasarnya, layanan AWS sendiri dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu: 

  • Migration (Migrasi)
  • Cloud Computing (Komputasi Awan)
  • Storage (Penyimpanan)
  • Security services (Layanan keamanan)
  • Database services (Layanan database)
  • Analytics (Analitik)
  • Management services (Layanan manajemen)
  • Internet of Things
  • Application Services (Layanan Aplikasi)
  • Deployment and Management (Penerapan dan Manajemen)

Nah, di setiap kategori tersebut ada puluhan atau bahkan ratusan jenis layanan yang bisa pengguna pilih dan gunakan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa contoh layanan AWS dan penjelasan singkatnya:

Migration 

Layanan migrasi AWS digunakan untuk mentransfer data secara fisik dari pusat data Anda ke server Amazon. Beberapa contoh layanan migration aws adalah:

  • DMS (Database Migration Service) — digunakan untuk memindahkan on-site database ke AWS. Layanan membantu Anda untuk bermigrasi dari satu jenis database ke yang lainnya.
  • Snowball — adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mentransfer beberapa terabyte data di dalam dan di luar lingkungan Amazon Web Services.

Cloud Computing

Berikut adalah beberapa layanan cloud compute yang ditawarkan oleh Amazon:

  • EC2 (Elastic Compute Cloud) virtual machine dimana pengguna mendapatkan OS level control yang memungkinkan mereka untuk menjalankannya sesuka hati.
  • Elastic Beanstalk — alat ini menawarkan penyebaran otomatis dan penyediaan sumber daya seperti situs web produksi yang sangat scalable.
  • LightSail —  secara otomatis menyebarkan dan mengelola kemampuan komputer, penyimpanan, dan jaringan yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Anda.

Baca juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Kelebihan AWS

kelebihan aws

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis layanan dari amazon web service, berikut ini adalah dua kelebihan utama dari AWS.

Skalabel & Dapat Diadaptasi 

Nah karena semua biaya AWS dapat disesuaikan dengan kebutuh pelanggan, platform ini cukup populer di kalangan UMKM dan perusahaan startup.

AWS juga diklaim cocok digunakan untuk membangun bisnis dari awal. Platform ini menyediakan semua alat yang diperlukan untuk memulai komputasi cloud.

Selain itu, Amazon juga menyediakan layanan migrasi berbiaya rendah sehingga semua infrastruktur Anda dapat dipindahkan dengan mudah ke AWS.

Model bisnis AWS memungkinkan penggunaan sumber daya yang fleksibel. Jadi,Anda tidak perlu menghabiskan waktu melakukan anggaran biaya.

Aman  & Terpecaya

Soal keamanan, tentunya Amazon Web Services jauh lebih aman dibandingkan banyak perusahaan  web hosting atau bahkan Anda server sendiri. 

Saat ini, AWS juga memiliki puluhan data center yang tersebar di seluruh bagian dunia. Semua pusat data AWS cloud ini terus dipantau dan dipelihara dengan ketat lho.

Data pengguna akan disimpan dan disebar di beberapa pusat data untuk bahwa bencana yang menimpa satu wilayah tidak menyebabkan kehilangan data permanen.

Selain itu, AWS juga menempatkan data center mereka di lokasi terpencil dan hanya mengizinkan akses ke personal penting dengan izin masuk tertentu.

Berkat pengalaman Amazon dalam layanan cloud, semua data di dalam data center aman dari ganggua dan dapat diperbaiki dengan mudah.

Nah selain kedua kelebihan tersebut, AWS juga mempunyai banyak kelebihan lainnya, seperti:

  • Customizable — AWS memungkinkan pengguna untuk menggunakan model pemrograman, sistem operasi, database, dan arsitektur sesuai dengan kebutuhan.
  • Pay-as-you-go — Amazon web services juga memungkinkan Anda untuk membayar resources yang Anda gunakan, tanpa uang muka atau komitmen jangka panjang.
  • Managed — Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menjalankan dan memelihara server di data center.
  • Scope yang luas —  Aws memungkinkan Anda untuk merilis aplikasi Anda ke beberapa wilayah di seluruh dunia hanya dengan beberapa klik.
  • Biaya terjangkau —  total biaya kepemilikan AWS lebih rendah dibandingkan dengan menyewa dedicated maupun private server.

Penutup

Berkat fleksibilitas dan skalabilitasnya, layanan AWS memang salah satu solusi cloud platform terbaik untuk perusahaan startup yang sedang merintis saat ini.

Nah di artikel kali ini, kami sudah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Amazon Web Services ini. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih punya pertanyaan tentang apa itu AWS, jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar ya Golden friends!

Jika Anda membutuhkan pilihan jaringan cloud terbaik selain Amazon Web Services, GoldenFast Network punya solusinya lho!

Dengan 135 ribu, Anda bisa mendapatkan layanan server Cloud VPS Corporate dengan 25 GB RAID 10 Storage, 1GB RAM, unmetered bandwidth, dan 1 CPU Core.

Tidak hanya itu, semua layanan GFN hadir dengan fasilitas 24/4 monitoring, 24/7 customer service, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *