Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

7+ Aplikasi Telnet untuk Windows, MacOs, & Linux

3 min read

Aplikasi Telnet untuk Windows, MacOs, & Linux

Jika sebelumnya kami sudah pernah membahas apa itu Teletype Network beserta fungsi dan cara installnya, artikel ini akan membahas beberapa aplikasi Telnet yang bisa Anda coba.

Singkatnya, Telnet adalah sebuah protokol client-server yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan akses jarak jauh ke perangkat maupun server lain melalui internet.

Untuk melakukan koneksi jarak jauh tersebut, dibutuhkan aplikasi telnet yang bisa memenuhi semua kebutuhan. Nah berikut ini adalah beberapa pilihan terbaik untuk Anda!

7+ Aplikasi Telnet Terbaik

Saat ini ada banyak aplikasi Telnet yang bisa Anda unduh secara mudah dan gratis. Setiap aplikasi tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah untuk mengetahui mana aplikasi telnet yang paling tepat untuk Anda, yuk simak penjelasan singkat tentang beberapa pilihan terbaik di bawah ini!

1. PuTTY

PuTTY

PuTTY adalah salah satu aplikasi Telnet yang digunakan untuk melakukan remote access populer saat ini. Selain Telnet, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk akses SSH dan RLogin.

Aplikasi Telnet yang satu ini umumnya digunakan oleh pemilik server agar user bisa dengan mudah mengakses server mereka tanpa harus datang ke lokasinya Golden friends!

PuTTY juga memiliki banyak fitur lain seperti transfer file gratis melalui SFTP, jembatan protokol penghubung dari FTP ke SFTP, dan transfer file melalui PSFTP dan PSCP.

Aplikasi PuTTY menggunakan command berbasis text untuk menjalankan perintahnya dan hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows saja.     

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya                                                  

2. SolarWinds   

SolarWinds 

Aplikasi telnet yang lainnya adalah SolarWinds. Program terminal ini bersifat open-source dan bisa diunduh secara gratis untuk sistem operasi Windows.

Anda dapat menggunakan SolarWinds untuk mengakses sebuah komputer dan server dan juga untuk mentransfer file secara remote (dari jarak jauh).

Anda dapat mengunduh aplikasi telnet ini dari situs resmi SolarWinds. Setelah proses unduhan selesai, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut untuk mulai menggunakannya.

Setiap sesi membuka tab baru di antarmuka dan akan menyimpan kredensial untuk server yang sering diakses dan membantu Anda masuk secara otomatis. 

SolarWinds sangat cocok digunakan untuk mengelola beberapa sesi secara bersamaan dari satu konsol di tab terpisah dan melakukan otomatisasi scripts.                                                                                                            

3. ZOC

aplikasi telnet ZOC

Nah, jika Anda mencari aplikasi Telnet untuk Windows dan MacOs, ZOC bisa menjadi pilihan yang baik. Emulator ZOC ini menawarkan terminal yang lengkap dan juga editor text.

Sistem pada ZOC mempunyai bahasa skrip yang kuat yang dapat membantu Anda mengotomatiskan proses seperti pengumpulan informasi pada sistem jarak jauh. 

Emulator terminalnya dapat diatur untuk menggunakan standar xterm, VT220, Wyse, QNX, TN3270, atau TN5250. Selain itu, Anda juga bisa membuka beberapa sesi secara bersamaan.

Lebih baiknya lagi, ZOC juga mendukung beberapa protokol transfer file. Tentunya ini membuat aplikasi tersebut lebih fleksibel dan efisien jika dibandingkan dengan PuTTY.

Sayangnya, ZOC bukan aplikasi yang gratis. Anda harus membayar $79 untuk mendapatkan lisensi resmi dan mengunduhnya pada perangkat.

Baca juga: 5+ Aplikasi Database Terbaik untuk Project Anda

4. z/Scope

z/Scope

Aplikasi Telnet yang lainnya adalah emulator terminal z/Scope yang kompatibel dengan Windows, ChromeBook, dan web browser.

z/Scope umumnya digunakan untuk melakukan koneksi ke Unix dan IBM AS/400. Semua koneksi dilindungi oleh keamanan SSL/TLS

Software ini memang tidak gratis, tetapi Anda bisa memanfaatkan fitur uji coba gratis 30 hari untuk mencobanya loh Golden friends!

5. XSHELL

XSHELL

XShell adalah salah satu aplikasi telnet dan SSH yang hanya berjalan pada Windows namun tetap dapat berkomunikasi dengan server Linux dan Unix.

Aplikasi ini mempunyai versi gratis untuk penggunaan personal dan ada versi berbayar untuk bisnis. Opsi keamanan dari XShell memungkinkan Anda memilih antara SSH1 dan SSH2.

XShell juga mempunyai opsi rlogin. Namun, fitur ini tidak memiliki enkripsi untuk koneksi lebih aman. Jadi, Anda akan lebih baik tetap menggunakan opsi sesi SSH.

Menggunakan XShell, Anda dapat membuka beberapa koneksi secara bersamaan dan bergantian menggunakan tab yang ditampilkan di bagian atas jendela interface.

6. SmarTTY

SmarTTY

Aplikasi Telnet SmartTTY adalh software gratis yang kompatibel dengan OS Windows. Emulator terminal berbasis SSH ini juga menyertakan sistem transfer file SCP yang aman.

Banyak alternatif Putty menggunakan tab untuk memungkinkan Anda mengakses beberapa sesi di panel interface yang sama. Namun, SmartTTY memiliki desain yang tidak lazim. 

Jadi pengguna pemula mungkin akan sedikit kebingungan saat pertama kali menggunakan terminal yang satu ini. 

Selain itu, SmarTTY juga memungkinkan pengguna untuk memperluas fungsionalitas dengan meniru lingkungan terminal SSH.

 7. MobaXterm

aplikasi telnet MobaXterm

MobaXterm adalah aplikasi akses dan komputasi jarak jauh yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam koneksi, termasuk Telnet dan SSH.

Aplikasi yang dirancang khusus untuk sistem operasi Windows ini banyak digunakan oleh para Administrator TI, programmer, dan webmaster untuk mengelola server secara remote.

Selain koneksi Telnet dan SSH, aplikasi MobaXterm juga menyediakan berbagai tool koneksi remote lainnya seperti VNC RDP, X11, FTP, Mosh, dan lain sebagainya.

Aplikasi Telnet yang satu ini juga menyediakan beberapa perintah Unix untuk desktop windows agar proses pengelolaan menjadi lebih efisien dan mudah.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini dengan gratis dalam bentuk file exe portable melalui situs resmi MobaXterm di tautan berikut ini

8. mRemoteNG

aplikasi telnet mRemoteNG

Pilihan aplikasi Telnet terbaik lainnya adalah mRemoteNG. Aplikasi khusus OS Windows ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis protokol seperti SSH, RDP, dan lain sebagainya.

mRemoteNG adalah manajer koneksi jarak jauh yang bersifat open-source. Aplikasi ini adalah versi terbaru dari mRemote dan berisi fitur-fitur baru dan juga perbaikan bug pada mRemote.

mRemoteNG juga memiliki banyak fitur pilihan seperti quick connect, quick search, SFTP file transfer,  full screen mode, auto-update feature, dan lain sebagainya.

Pilih Aplikasi Telnet Anda!

Nah itu tadi beberapa pilihan aplikasi Telnet untuk Anda Golden friends! Telnet adalah suatu protokol client-server yang memungkinkan user untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. 

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan tentang software terbaik untuk protokol Telnet, jangan ragu untuk tinggalkan pesan di kolom komentar ya.

Oh iya, jangan lupa juga untuk meningkatkan keamanan web dan server Anda dengan berbagai pilihan layanan server murah terbaik dari GoldenFast Network. 

Mulai dari dedicated server, colocation server, maupun VPS server, semua layanan GoldenFast Network dibekali dengan hardware kelas enterprise, dan 24/7 customer service lho.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *