Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Guerilla Marketing: Pengertian, Tips, & Contohnya

3 min read

Guerilla Marketing Pengertian, Tips, & Contohnya

Dengan banyaknya kompetitor diluar sana, memasarkan produk dan jasa bisnis Anda membutuhkan strategi digital yang matang. Guerilla marketing, contohnya. 

Guerilla marketing adalah  adalah salah satu strategi digital populer yang memanfaatkan element of surprise dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Strategi guerilla ini juga berbeda dengan strategi pemasaran digital yang lainnya. Hal ini karena Anda dituntut untuk kreatif dan menerapkan cara-cara yang unik demi menarik konsumen.

Meskipun memang guerilla marketing ini terdengar cukup rumit, namun banyak brand besar yang menyukai strategi pemasaran ini karena hemat dan juga efisien.

Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang guerilla marketing, Anda berada ditempat yang tepat! Pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda tahu tentangnya.

Mulai dari pengertian, tips, dan juga contoh dari guerilla marketing. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Guerilla Marketing 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, secara umum guerrilla marketing adalah strategi pemasaran yang lebih menekankan pada elemen kejutan pada konsumen. 

Dengan pemasaran guerilla, Anda harus berani melakukan manuver dengan mengutamakan kreativitas serta interaksi yang unik dan tidak konvensional. 

Strategi marketing ini bukan tanpa tujuan.  Adanya unsur kejutan dalam pemasaran bertujuan untuk menarik perhatian para konsumen. 

Dengan pemasaran yang berbeda dan kreatif konsumen akan lebih tertarik serta berkesan dengan apa yang Anda buat. 

Dengan begitu, produk dan bisnis Anda akan lebih dikenal dan konsumen akhirnya mau menggunakan produk Anda Golden friends!

Baca juga: Word of Mouth Marketing: Pengertian & Cara Penerapannya

Contoh Guerilla Marketing 

Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang menerapkan strategi guerilla marketing melalui cara kreatif yang mengejutkan namun tetap memberikan kesan baik kepada konsumen. 

Nah berikut ini adalah beberapa contoh dari pemasaran guerilla terbaik di dunia:

Discovery Channel

Salah satu perusahaan besar yang membuat strategi guerilla marketing cukup unik adalah jaringan televisi populer Discovery Channel.

Discovery channel mendistribusikan surfboard di beberapa kawasan pantai sebagai alat promosi program televisi Shark Week. Poin unik dari promosi terletak di bentuk papannya.

discovery channel guerilla marketing

Untuk mempromosikan Shark Week dan ulang tahun acara tersebut yang ke-10, Discovery Channel membagikan papan selancar yang bentuknya seperti habis digigit ikan hiu. 

Bekas gigitan tersebut membuat pengunjung pun heran dan takjub. Hasilnya Shark Week sampai saat ini masih sering ditonton banyak orang. 

IKEA

Perusahaan retail asal Swedia, IKEA juga memiliki cara yang unik dalam memasarkan produknya melalui guerilla marketing.

Perusahaan retail perabot rumah tersebut mengubah tangga di tokonya menjadi satu set laci. Dengan begitu konsumen yang menaiki lantai 2 seperti menaiki sebuah lemari yang kokoh.

Pesan yang ingin disampaikan dalam desain tersebut yaitu supaya masyarakat percaya bahwa IKEA, merupakan penyedia banyak perabot rumah berkualitas. 

Hasil dari kreativitas IKEA pun berbuah manis. Hingga kini IKEA telah memiliki banyak toko di seluruh dunia dan dikenal dengan toko perabot yang berkualitas.

Baca juga:  Apa Itu Content Marketing? Panduan Lengkap untuk Pemula

Mr. Clean

Penjual produk kebersihan Mr. Clean juga memiliki cara yang unik dalam mempromosikan produknya. Mr Clean mengecat salah satu garis zebra cross dengan warna yang putih terang. 

Di garis zebra cross yang paling terang Mr. Clean juga melukiskan maskot Mr. Clean yang posisinya berada di paling ujung garis.

MR clean iklan guerilla

Pesan yang ingin dibuat lewat strategi pemasaran guerilla tersebut agar konsumen yang suka berjalan di zebra cross mengetahui produk Mr. Clean.

Dengan promosi yang unik ini, konsumen menyadari kekuatan produk Mr. Clean sehingga mereka tidak ragu untuk membelinya saat membutuhkan produk kebersihan. 

UNICEF

United Nations Children’s Fund (UNICEF), melakukan kampanye unik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya minum air bersih. 

Organisasi PBB tersebut menempatkan vending machine di Kota New York yang isinya air kotor. Keunikan guerilla marketing UNICEF tidak sampai disitu. 

Di botol kemasan yang berisi air kotor tersebut, UNICEF menyematkan tulisan mengenai penyakit-penyakit yang terjadi akibat mengkonsumsi air kotor. 

Aksi tersebut mendapat sambutan positif dari warga New York karena mampu menyadarkan mereka pentingnya mengkonsumsi air bersih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: SEM & SEO: Pengertian & Perbedaannya

Tips Penerapan Guerilla Marketing 

Strategi guerilla marketing marketing mempunyai banyak manfaat yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kesadaran konsumen dan penjualan produk.

 Dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, Anda bisa menerapkan strategi guerilla dengan baik sehingga bisnis Anda semakin berkembang Golden friends!

Kenali Target Pelanggan Anda

Untuk membuat guerilla marketing langkah awal yang harus dilakukan adalah kenali target pelanggan dari bisnis Anda.

Misalnya jika target pelanggan generasi milenial, maka strategi pemasarannya harus disesuaikan dengan tren yang digemari oleh kelompok tersebut.

Baca juga: Apa Itu eCommerce? Pengertian, Jenis, & Manfaatnya

Tentukan Anggaran yang Dikeluarkan

Selanjutnya adalah menentukan anggaran yang ingin dikeluarkan. Menentukan anggaran sangat penting agar pemasaran Anda efektif dan tidak memakan banyak biaya. 

Aspek ini harus diperhatikan matang-matang sebelum akhirnya Anda memutuskan strategi guerilla marketing apa yang diterapkan.

Menciptakan Ide Kreatif 

Lalu tips lainnya adalah menciptakan ide kreatif. Ide yang kreatif sangat penting karena kunci menerapkan guerilla marketing, adalah konsep promosi yang kreatif. 

Untuk mencari ide kreatif, Anda harus mempelajari target pelanggan serta tren terbaru agar mampu menciptakan ide-ide kreatif untuk pemasaran. 

Menyiapkan Call-to-Action 

Tips terakhir adalah menyiapkan call-to-action demi memaksimalkan penerapan pemasaran guerilla.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memberikan kupon diskon, mengisi form informasi atau hadiah kepada konsumen. 

Tujuan dari tips terakhir ini agar produk Anda semakin diingat oleh konsumen atau target pelanggan. Selain itu, CTA juga bisa meningkatkan conversion rate situs Anda loh!

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang guerilla marketing Golden friends Jika Anda masih punya pertanyaan tentang apa itu guerilla marketing, silakan tinggalkan pernyataan Anda!

Sekedar mengingatkan, selain menawarkan layanan server  murah untuk bisnis Anda, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif untuk belajar lebih dalam tentang IT.

Yuk langsung saja kunjungi blog GoldenFast Network dan pelajari banyak hal-hal baru mulai dari server, website development, security dan juga digital marketing!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *