Apa Itu eCommerce? Pengertian, Jenis, & Manfaatnya

3 min read

Apa Itu eCommerce Pengertian, Jenis, & Manfaatnya

Aktivitas belanja  tidak lagi terjadi di pasar atau pusat perbelanjaan saja. Seiring perkembangan teknologi, Anda sekarang sudah bisa berbelanja melalui platform ecommerce.

Platform ecommerce adalah salah satu media untuk berbelanja secara online di ponsel atau laptop. Namun, apakah Anda tahu pengertian dari ecommerce itu sendiri?

Untuk menambah ilmu seputar bisnis, alangkah baiknya Anda mengerti mengenai ecommerce mulai dari pengertian, contoh ecommerce, hingga fungsi ecommerce.

Dengan mengerti seluk beluk seputar ecommerce Anda akan lebih siap dan mahir ketika memulai bisnis apapun di aplikasi ecommerce yang ada.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian ecommerce

Seluk beluk seputar ecommerce diawali dengan pengertian tentang ecommerce. Terdapat banyak pengertian ecommerce dari para tokoh. Setidaknya ada 5 pengertian mengenai ecommerce dari para tokoh atau ahli ekonomi.

Menurut Kalakota dan Whinston

Pengertian mengenai ecommerce disampaikan oleh Kalakota dan Whinston. Menurut kedua akademisi tersebut mereka menyatakan bahwa ecommerce merupakan kegiatan berbelanja secara online yang menggunakan jaringan internet, serta menggunakan uang digital dalam aspek transaksi pembayaran.

Menurut Shely Cashman

Lalu menurut ahli Shely Cashman, ecommerce memiliki pengeritan yaitu proses transaksi bisnis yang tidak terjadi secara tatap muka atau di ruang yang sama. ecommerce adalah transaksi bisnis yang terjadi secara online menggunakan jaringan elektronik seperti jaringan internet.

Menurut Loudon

Pengertian ecommerce menurut Loudon adalah proses transaksi antara penjual dan pembeli, tetapi tidak melalui tatap muka. Proses transaksi jual beli dilakukan secara elektronik seperti lewat aplikasi atau situs yang didukung oleh jaringan internet.

Menurut Jony Wong

Sedangkan menurut ahli Johy Wong, ecommerce merupakan kepanjangan dari electronic commerce. Berdasarkan kepanjangan arti tersebut, Johny menyatakan bahwa ecommerce adalah layanan mengenai proses pembelian, proses penjualan serta pemasaran yang dilakukan secara digital lewat sistem elektronik.

Menurut McLeod Pearson

ecommerce menurut dari McLeon adalah proses bisnis yang memanfaatkan teknologi. Adapun teknologi yang dimaksud oleh McLeod Pearson adalah teknologi jaringan komunikasi serta perangkat komputer yang membantu transaksi bisnis.

Baca juga: Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Contoh ecommerce

Supaya Anda lebih paham mengenai ecommerce, terdapat beberapa contoh ecommerce yang beroperasi di Indonesia. Setidaknya ada 10 ecommerce di Indonesia yang memiliki aplikasi dan situs untuk transaksi jual beli online. Layanan ecommerce juga memudahkan penjual atau pembeli memenuhi kebutuhan mereka.

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • OLX
  • Blibli.com
  • Lazada
  • JD.ID
  • Zalora
  • Jakmall.com
  • Elevania

Baca juga: Word of Mouth Marketing: Pengertian & Cara Penerapannya

Fungsi ecommerce

eCommerce menjadi pilihan bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Apalagi perusahaan ecommerce menawarkan beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan saat ingin mengembangkan usaha lewat ecommerce.

Berikut adalah 4 fungsi dan manfaat ecommerce yang bisa Anda dapatkan.

Pengembangan Bisnis dan Belanja Jadi Mudah

ecommerce berfungsi  untuk memudahkan Anda dalam pengembangan bisnis ataupun berbelanja.

Pasalnya mulai dari promosi, penjualan, pembayaran barang hingga pengiriman barang bisa dilakukan dalam 1 platform. Proses bisnis menjadi lebih mudah ketimbang Anda menyewa kios di pusat perbelanjaan.

Hal serupa juga dirasakan oleh Anda selaku pembeli. Anda tidak perlu ke mall, pasar ataupun pusat perbelanjaan ketika ingin membeli barang.

Cukup dengan membuka situs atau aplikasi ecommerce, Anda tinggal pilih barangnya dan jika cocok, silakan lakukan pembayaran. Barang akan dikirim melalui jasa kurir.

Baca juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Tips, & Contohnya

Memiliki Fitur yang Lengkap

Perusahaan ecommerce selalu memberikan banyak fitur untuk para penjual ataupun pembeli. Untuk para penjual terdapat fitur-fitur yang mendukung penjual untuk melakukan promosi,

Seperti adanya fitur untuk mengatur jumlah diskon, serta fitur untuk mempermudah penjual mengirimkan barang mereka ke pembeli.

Fitur yang lengkap juga dirasakan oleh pembeli. Misalnya saja fitur untuk keranja belanja dimana pembeli bisa mengumpulkan barang-barang dari berbagai penjual.

Lalu ada fitur metode pembayaran yang memudahkan pembeli untuk membayar barang melalui transfer bank atau saldo di aplikasi dompet digital.

Adanya Layanan Bantuan dan Dukungan yang Lengkap

ecommerce tidak hanya menyediakan platform saja. Mayoritas ecommerce memiliki layanan bantuan dan dukungan untuk pembeli.

Semua bantuan dan layanan ini berkaitan dengan proses pembelian, pengiriman barang hingga pengaduan jika barang yang tidak sesuai. Layanannya juga mudah diakses.

Pengelola ecommerce memiliki contact center yang yang bisa diakses melalui email, SMS atau chat dan telepon.

Dengan bantuan dan dukungan yang lengkap diharapkan Anda sebagai penjual ataupun pembeli dapat berbelanja dan pengembangan bisnis dengan lebih nyaman di ecommerce dengan lebih nyaman.

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis untuk Brand Anda

Keamanan Maksimal untuk Penjual dan Pembeli

Terakhir adalah memberikan keamanan maksimal bagi penjual ataupun pembeli. ecommerce memberikan keamanan yang maksimal sehingga Anda tidak perlu khawatir menjadi korban peretasan atau tindak kriminal lainnya.

Banyak ecommerce yang memiliki keamanan yang kuat sehingga data Anda aman. Keamanan yang maksimal sudah menjadi bagian dari pelayanan di ecommerce.

Alasannya karena ecommerce merupakan alat untuk melakukan transaksi jual beli, sehingga jika keamanannya lemah maka data pribadi dan juga alat pembayaran Anda bisa saja dicuri oleh hacker.

Baca juga: Shopify: Pengertian, Tutorial, & Alternatifnya

Penutup

Intinya, eCommerce adalah sebuah platform yang berfungsi sebagai media jual beli secara online. Berbeda dengan website pada umumnya, eCommerce platform umumnya memiliki banyak fitur jual beli.

Keranjang belanja, deskripsi produk, dan tempat kode promo contohnya. Saat ini di Indonesia sudah banyak toko eCommerce yang bertebaran, Shopee dan Tokopedia adalah beberapa yang paling terkenal.

Nah pada artikel kali ini kami sudah membahas apa itu eCommerce secara lengkap. Mulai dari pengertian, contoh, fungsi, dan juga manfaatnya.

Bagaimana Golden Friends? Apakah Anda tertarik untuk membuat eCommerce platform atau website? Kabar baiknya, Golden Fast Network menyediakan server murah untuk membantu Anda melakukan itu.

Mulai dari 135 ribuan saja, Anda bisa mendapatkan Cloud VPS server dari GoldenFast Network yang hadir dengan 24/7 customer service, hardware kelas enterprise, serta banyak fitur dan fasilitas terbaik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *