Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Shopify: Pengertian, Tutorial, & Alternatifnya

4 min read

Shopify Pengertian, Tutorial, & Alternatifnya

Mendukung lebih dari 600.000 bisnis di seluruh dunia, Shopify adalah salah satu platform terpopuler di industri e-Commerce saat ini.

 Namun terlepas dari reputasi platform eCommerce populer ini, masih banyak orang yang belum tahu apa itu Shopify dan cara kerjanya.

Untungnya di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Shopify. Mulai dari pengertian, tutorial, dan alternatif terbaiknya!

Yuk langsung saja kita mulai!

Memilih eCommerce Platform Terbaik

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis online Anda adalah platform yang digunakan untuk membuka toko online Anda.

Banyak faktor yang terlibat dalam memilih platform eCommerce yang baik untuk toko online, berikut adalah beberapa faktor terpenting:

  • Kemudahan penggunaan — platform dengan dasbor dan tool yang intuitif tentunya akan membantu mengelola toko dan produk Anda dengan lebih baik.      
  • Keamanan — gunakan platform dengan praktik keamanan yang baik untuk melindungi data pelanggan, informasi kartu kredit, dan semua transaksi yang terjadi.     
  •  Skalabilitas — pilih platform yang mampu mengakomodasi kebutuhan sumber daya dan lalu lintas situs website yang tentunya akan terus meningkat.     
  • Responsiveness memiliki toko online yang responsive dan mobile-friendly akan meningkatkan conversion rate website Anda.
  • Alat SEO — dapatkan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan website.
  • Harga — selain menawarkan alat dan sumber daya yang Anda butuhkan, platform eCommerce terbaik harus memberikan nilai terbaik untuk harganya.   
  • Support — tim support platform eCommerce juga harus selalu siap membantu Anda setiap saat melalui berbagai saluran.

 Nah untungnya platform eCommerce Shopify mempunyai semua faktor tersebut dan masih banyak lagi. Berikut adalah review singkat dan pengertian Shopify.

Baca juga: Apa Itu eCommerce? Pengertian, Jenis, & Manfaatnya

Apa Itu Shopify?

Singkatnya, Shopify adalah salah satu platform eCommerce terkemuka. Platform ini terkenal  dengan fitur-fitur canggihnya yang mampu mengakomodasi bisnis skala kecil hingga besar.

Selain mendukung pengembangan website toko online, platform Shopify juga menyediakan sistem point of sale untuk memudahkan penjualan di dalam toko. 

Fitur-fitur eCommerce yang lainnya termasuk beberapa payment gateway yang berbeda, pajak otomatis, dropshipping, dan lain sebagainya.

Dari segi desain, Shopify memberikan banyak fleksibilitas lho Golden friends! Ada banyak pilihan template gratis dan berbayar yang tersedia di direktori Tema Shopify.

Jika Anda memerlukan bantuan, tim dukungan customer service Shopify tersedia 24 jam seminggu melalui email, livechat, dan juga telepon. 

Platform ini memiliki forum komunitas yang membahas segala hal, mulai dari cara menyiapkan toko Shopify hingga cara menggunakan fitur Shopify secara optimal.

Harga Shopify dimulai pada $29 per bulan. Ada biaya transaksi sebesar 2% dari setiap pembelian yang dilakukan melalui pembayaran non-shopify. 

Kabar baiknya, semua paket Shopify dilengkapi dengan layanan hosting, subdomain Shopify gratis, akun staf, dan uji coba gratis 14 hari.

Baca juga: Membangun eCommerce Website untuk Bisnis Sukses

Tutorial Shopify

Seperti disebutkan sebelumnya, Shopify menawarkan trial 14-hari gratis bagi pengguna baru yang ingin mencoba platform tersebut.

Jika Anda belum yakin untuk menggunakan Shopify sebagai platform eCommerce pilihan, gunakan fitur ini untuk melihat keunggulannya.

Nah berikut ini adalah tutorial singkat cara menggunakan dan membangun website toko online melalui platform eCommerce Shopify.

Membuat Toko Online Dengan Shopify

Buka ke homepage website Shopify dan pilih pilihan Start a free trial di sudut kanan atas halaman. Masukan alamat email, kata sandi, dan nama toko Anda.

Nama toko yang Anda masukkan akan menjadi alamat URL toko Shopify Anda. Jadi pastikan untuk menulis nama toko yang benar ya Golden friends!

Saat menyiapkan toko online Anda, Shopify akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang bisnis Anda untuk menentukan fitur-fitur yang ada dalam toko. 

Setelah Anda selesai menjawab semua pertanyaan tersebut, platform ini akan membawa Anda ke dasbor dimana Anda dapat mengelola toko dan produk dengan mudah.

Siapkan Nama Domain

Nah setelah berhasil membuat sebuah akun, langkah selanjutnya adalah untuk menghubungkan nama domain toko online Anda ke akun tersebut.

Anda bisa menghubungkan nama domain ada atau membeli nama domain baru dari Shopify dengan harga mulai dari $12 per tahun untuk ekstensi .com .

Sampai Anda menghubungkan toko ke domain khusus, Shopify akan menggunakan nama toko yang Anda buat saat mendaftar dengan ekstensi sub-domain .myshopify.com.

Pilih Tema Toko Online Anda

Nah setelah Anda memilih nama domain terbaik untuk Anda, saatnya untuk menentukan tema dan template toko online yang ingin Anda gunakan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal membuka menu Online Store dan tekan Themes pada bagian Sales Channels dan pilih tema yang Anda inginkan.

Tekan tombol Customize jika Anda ingin mengedit tema tersebut sesuai dengan keinginan. Shopify mempunyai editor yang memungkinkan Anda untuk melakukan ini dengan mudah.

Menambahkan produk untuk dijual

Setelah situs web toko online Anda memiliki desain dan domain yang diinginkan, saatnya untuk menjelajahi seluk beluk cara menjual dengan Shopify.

Buka menu Products pada dasbor Shopify. Jika Anda ingin mempromosikan produk Anda, klik Add products dan masukkan deskripsi untuk setiap item. 

Shopify memungkinkan Anda untuk menjual produk fisik dan digital. Pastikan untuk membuat deskripsi produk yang terperinci untuk meningkatkan SEO Anda dan menarik pembeli potensial.

Menyiapkan payment gateway

Saat Anda membuka menu Payment pada Settings, Anda akan memiliki banyak pilihan payment gateway untuk memproses transaksi pada toko online Anda.

Berikut adalah beberapa jenis payment gateway yang bisa Anda gunakan pada Shopify dan penjelasan singkatnya:

  • Shopify Payments —  payment gateway resmi Shopify yang menerima bank transfer, credit card, dan lain sebagainya. 
  • PayPal Express Checkout 
  • Amazon Pay
  • Third-party providers — payment gateway dari pihak ketiga, umumnya akan ada fee untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui metode ini.
  • Manual payment gateway — contohnya seperti bank deposit, COD, atau transaksi langsung.

Pastikan untuk memeriksa biaya transaksi pada setiap metode pembayaran dan biaya tambahan  Shopify yang dibebankan ke transaksi Anda. .

Promosikan Toko Anda

Nah jika Anda sudah berhasil melakukan semua langkah di atas dan membuat toko online dengan Shopify, langkah selanjutnya adalah untuk mempromosikan toko tersebut.

Untungnya, Shopify menyediakan banyak metode pemasaran untuk membantu mempromosikan bisnis Anda. Shopify email contohnya.

Platform layanan pem asaran email ini memberi Anda 2500 email gratis untuk mempromosikan bisnis Anda melalui email marketing

Selain email marketing, enjalankan iklan Facebook dan Google di berbagai platform media sosial adalah cara lain untuk meningkatkan jangkauan Anda. 

Anda dapat menautkan akun media sosial ke dasbor Shopify Anda dengan menginstal aplikasi pemasaran untuk manajemen kampanye iklan yang lebih mudah.

Baca juga: Viral Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Tips Sukses Shopify

Jumlah pendapatan yang dapat Anda hasilkan dengan Shopify bergantung pada seberapa baik Anda mengelola dan memasarkan toko online.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk memiliki situs web eCommerce yang sukses di Shopify:

  • Kembangkan merek yang kuat  bangun  brand image yang mewakili tujuan bisnis Anda, menonjol dari persaingan, dan menarik bagi target pasar Anda.
  • Selalu promosikan toko Anda  manfaatkan media sosial untuk memasarkan merek dan produk Anda.
  • Menjaga kualitas produk tidak hanya berkontribusi pada pengalaman pengguna, hal itu juga mendorong pelanggan untuk melakukan word-of-mouth marketing.
  • Optimalkan SEO  pertimbangkan untuk menjalankan blog untuk menambahkan kata kunci yang relevan dengan produk Anda untuk peluang yang lebih baik dalam peringkat di SERP.
  • Berikan customer support yang andal pastikan pelanggan Anda bisa mendapatkan bantuan dan customer service kapanpun dibutuhkan.

Platform Alternatif Shopify 

WooCommerce adalah plugin WordPress open-source yang memungkinkan Anda mengubah situs WordPress menjadi toko online profesional.

Selain mendukung pembayaran online dan di tempat, WooCommerce juga mengakomodasi pre-order dan transaksi berbasis langganan.

Perangkat lunak ini gratis untuk diunduh. Namun, tidak seperti Shopify, WooCommerce membutuhkan hosting pihak ketiga dan nama domain agar berfungsi.

WooCommerce memprioritaskan kemudahan penggunaan dengan menyediakan wizard pengaturan yang memandu Anda melalui proses instalasi. 

Penutup

Membuat toko online untuk pertama kalinya bisa jadi menantang. Memilih platform eCommerce yang tepat membuat prosesnya lebih mudah.

Shopify adalah salah satu platform yang tepat untuk itu. Nah di artikel ini, kami telah membagikan cara membuat dan menggunakan Shopify beserta alternatifnya.

Kami harap artikel ini menjawab semua yang ingin Anda ketahui tentang apa itu Shopify. Jika Anda masih punya pertanyaan tentangnya, tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Nantinya saat toko online semakin berkembang, Anda mungkin akan membutuhkan sebuah server pribadi untuk memenuhi semua permintaan dan kebutuhan klien.

Untungnya, GoldenFast Network punya solusinya. Mulai dari 135 ribuan saja perbulan, Anda bisa mendapatkan layanan cloud VPS server, dedicated server, maupun collocation server.

Tidak hanya itu, semua layanan di GoldenFast Network juga dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 99% uptime, dan 24 jam monitoring & customer service lho Golden friends.

Sangat menarik bukan? Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.