Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Viral Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

2 min read

Viral Marketing Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Semua pelaku bisnis pastinya ingin brand dan produknya untuk menjadi viral dan populer di kalangan banyak orang. Nah viral marketing adalah salah satu cara untuk melakukan itu.

Sesuai dengan namanya, strategi viral marketing memungkinkan brand dan produk Anda untuk menjadi viral, trendy, dan banyak dibicarakan oleh pengguna aktif internet. 

Umumnya, produk dan bisnis yang viral akan tersebar dengan cepat ke semua platform media sosial yang sedang populer saat ini, mulai dari Tik Tok, Instagram, sampai Twitter.

Nah jika Anda ingin belajar lebih jauh lagi tentang viral marketing, Anda berada di artikel yang tepat! Pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, manfaat, contoh, sampai cara penerapan viral marketing pada bisnis Anda. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Viral Marketing

Nah sebenarnya, apa itu viral marketing? Singkatnya viral marketing adalah strategi marketing yang mengandalkan target audiens untuk mempromosikan brand atau produk ke orang lainnya.

Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk menyebarkan promosi brand atau produk secara lebih cepat dan luas melalui internet dan berbagai media sosial platform.

Bentuk dari viral marketing pun beragam. Mulai dari iklan, konten, kampanye dan konten lainnya yang dapat memicu minat pengguna untuk membagikannya secara luas di internet.

Saat menggunakan strategi pemasaran viral marketing, konten sebaiknya dibuat semenarik mungkin untuk mendorong keinginan target audiens untuk membagikannya ke orang lain.

Semakin menarik sebuah konten, semakin besar pula potensi konten tersebut untuk menjadi viral dan terus tersebar ke berbagai media sosial platform di internet.

Nah tentunya dengan konten yang viral ini Anda dapat menarik minat pelanggan baru dan meningkatkan penjualan bisnis Anda Golden friends! Sangat menarik bukan?

Namun apa saja yang membuat sebuah kampanye marketing bisa dikatakan “viral”? Jawabannya adalah ketika konten Anda dibagikan oleh masyarakat secara luas.

Dengan begini, Anda tidak lagi terbatas dan hanya menarik minat dan penjualan target audiens bisnis Anda. Selain itu, brand awareness dan visibility bisnis Anda pun juga akan meningkat!

Manfaat Viral Marketing

Manfaat Viral Marketing

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, banyak keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari strategi marketing viral lho Golden friends!

Nah berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Meningkatkan kredibilitas brand Anda — dengan konten viral, Anda bisa dengan  mudah membangun kredibilitas brand dan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan bahwa semua konten yang Anda tampilkan di media sosial membawa sisi positif dari bisnis.
  • Menghemat biaya promosi dan iklan — saat konten Anda menjadi viral, akan ada banyak orang di internet yang membicarakannya dan memicu word-of-mouth marketing dimana mereka akan mempromosikan bisnis Anda secara tidak langsung.
  • Meningkatkan brand awareness — selain itu semakin banyak orang membicarakan brand dan produk Anda, semakin tinggi pula tingkat awareness masyarakat luas pada bisnis Anda.
  • Mengoptimalkan  reach dan jangkauan bisnis — konten viral juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan reach (jangkauan) bisnis yang lebih luas dan tidak terbatas sampai target audiens.
  • Trafik tambahan ke platform sosial media dan website — saat konten Anda menjadi viral, akan ada banyak orang yang tertarik untuk membuka sosial media platform dan juga website Anda; meningkatkan trafik secara keseluruhan.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing? Panduan Lengkap untuk Pemula

Contoh Viral Marketing 

Nah untuk mengetahui marketing virallebih dalam lagi, berikut ini adalah contoh-contoh konten dan kampanye viral dari beberapa brand populer.

1. Fire Noodle Challenge

Salah satu strategi marketing viral terpopuler datang dari brand ramen instan Samyang bernama Fire Noodle Challenge.

Fire Noodle Challenge adalah tantangan dimana Anda mencoba menghabiskan semangkuk mie Korea super pedas tanpa minum air putih.

Di mulai pada tahun 2014, popularitas challenge yang tidak dimulai brand itu sendiri semakin meroket dan membuat mie fire noodle tersebut menjadi sangat populer.

Tidak hanya itu, bahkan perusahaan mie instan Samyang itu berkolaborasi dengan perusahaan make-up ternama untuk membuat seri makeup ramen pedas!

2. Wendy’s Spicy Chicken Nugget

Sosial media adalah alat yang ampuh digunakan untuk pemasaran digital. Sampai sekarang ada 3,4 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Oleh karena itu, platform sosial media sangat cocok digunakan untuk melakukan strategi viral marketing. Mari kita lihat restoran Amerika Wendy’s sebagai contoh.

Fast food chain cepat saji Amerika ini sekarang telah menguasai social media marketing dengan memanfaatkan akun Twitter mereka secara maksimal.

Pada bulan Mei tahun lalu, Wendy’s bahkan berhasil mengumpulkan dua juta likes dalam satu setengah hari dengan berjanji untuk membawa kembali spicy chicken nugget ke menu mereka.

aiBaca juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Tips, & Contohnya

Penutup

Viral marketing adalah salah satu strategi promosi yang bisa memungkinkan bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan dan juga menarik minat lebih banyak audiens.

Nah di artikel ini kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Tentunya sekarang Anda sudah mengerti kan apa itu viral marketing dan apa saja?

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang strategi marketing viral, silakan tinggalkan comment di kolom bawah Golden friends!     

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik Indonesia, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.