Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Tutorial Cara Membuat Website Toko Online

3 min read

Tutorial Cara Membuat Website Toko Online

Jika Anda sedang mencari cara membuat website toko online dan menghasilkan uang tambahan dari internet, Anda berada di tempat yang tepat!

Saat ini popularitas website toko online memang terus meningkat. Bahkan diperkirakan akan ada 2,14 milyar pembeli digital pada akhir tahun 2021.

Nah jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana cara membuat website toko online tapi tidak tahu caranya, jangan khawatir Golden friends!

Di artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap dan langkah-langkah cara membuat toko online yang sukses. Yuk langsung saja kita mulai!

6 Cara Membuat Website Toko Online

Berikut adalah 6 langkah yang bisa Anda coba untuk membuat website toko online!

Cara Membuat Website Toko Online
Designed by pch.vector / Freepik

1. Temukan Niche Toko Anda

Langkah pertama yang perlu  dilakukan saat membuat website toko online adalah untuk menemukan niche market yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Berfokus pada niche market yang spesifik akan membantu website toko online Anda untuk bersaing dengan kompetitor yang lainnya.

Niche market juga memungkinkan Anda fokus untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dan membangun target audiens yang lebih spesifik.

Untuk menemukan niche yang paling tepat untuk website toko online, mulailah dengan melakukan analisis kompetitor dan produk yang relevan dengan bisnis Anda.

Melakukan analisis kompetitor akan mengurangi resiko gagal dan tentunya meningkatkan tingkat keberhasilan toko online Anda.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

2. Membangun Brand Credibility 

Jika Anda ingin membangun sebuah toko online yang sukses, Anda harus mempunyai nama dan brand credibility yang terpercaya terlebih dahulu.

Nama brand yang terpercaya dan populer akan menentukan bagaimana orang lain dan pelanggan memandang merek dan juga website toko online Anda.

Sayangnya, brand credibility tidak bisa dibangun secara instan. Anda harus bisa mendapatkan kepercayaan dan pengakuan pelanggan sebelumnya.

Untuk melakukan itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menjual produk berkualitas, memberikan customer service experience yang baik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, & Strategi Terbaik

3. Menentukan Target Audiens

Agar berhasil menjual barang secara online dengan sukses, Anda juga harus menentukan target audiens dari website toko online tersebut.

Dengan menentukan target audiens yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan pelanggan sehingga dapat meningkatkan value bisnis Anda.

Misalnya, pelanggan kelas menengah keatas cenderung mencari produk berkualitas. Jika mereka target audiens bisnis Anda, Anda bisa menjual produk dengan harga premium.

Sedangkan, jika target audiens bisnis adalah pelanggan menengah kebawah, jual perhiasan berkualitas rendah hingga menengah dalam berbagai rentang harga.

Terlepas dari target audiens, pastikan produk Anda juga memiliki nilai jual unik (unique selling points) yang membedakannya dari para kompetitor.

4. Bangun Website Toko Online

Saat ingin menjual barang secara online , mengetahui cara  membangun website eCommerce adalah keterampilan berharga yang perlu Anda kuasai.

Skill membangun website toko online ini juga akan membantu bisnis menghemat banyak uang karena Anda tidak perlu menyewa web developer professional.

Selain itu, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk mengisi website tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bisnis Anda.

Plus, Anda akan memiliki kontrol penuh atas pengaturan dan fitur-fitur yang dapat Anda kembangkan sesuai kebutuhan.

Untungnya, sekarang Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis seperti skill pemrograman untuk bisa membangun website toko online eCommerce.

Sudah ada banyak website builder dan layanan web hosting yang menawarkan kemudahan dalam membangun website eCommerce melalui fitur drag and drop editor.

Jangan lupa untuk menemukan nama domain yang tepat untuk website toko online Anda agar bisnis Anda lebih mudah diingat oleh target audiens dan pelanggan lainnya ya Golden friends!

Baca juga: Membangun eCommerce Website untuk Bisnis Sukses

5. Temukan Supplier Terpercaya

Salah satu langkah penting saat membangun website toko online adalah menemukan supplier yang tepat dan terpercaya.

Menyimpan dan mengirimkan produk Anda sendiri memang bukan hal yang merepotkan, terutama ketika Anda baru memulai bisnis tersebut.

Namun saat toko Anda mulai mendapatkan banyak pesanan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan supplier.

Dengan begitu, Anda hanya perlu khawatir tentang mengelola, mempromosikan dan fokus untuk mendorong penjualan bisnis yang lebih besar lagi.

6. Promosikan produk dan merek Anda

Setelah website toko online berhasil terbuat dan Anda menemukan supplier terpercaya, saatnya untuk mempromosikan bisnis Anda ke target audiens dan pelanggan lainnya.

Nah berikut adalah beberapa strategi marketing yang dapat Anda gunakan untuk menjual dan mempromosikan produk Anda:

  • Iklan media sosial. Dengan lebih 3,8 miliar orang menggunakan platform media sosial pada tahun 2020, social media marketing akan memberi website Anda banyak trafik dan brand awareness.
  • Iklan berbayar. Strategi yang sangat ideal untuk memperluas jangkauan pasar Anda, terutama jika Anda belum memiliki basis audiens yang besar.  Contoh iklan berbayar adalah Google Adwords dan Facebook Ads.
  • Influencer marketing. Lakukan kolaborasi merek dengan influencer dan selebriti untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis Anda.      

Tips Membuat Website Toko Online Sukses

Sama seperti bisnis lainnya, dibutuhkan banyak kerja keras dan dedikasi untuk membuat website toko online dan membuatnya sukses. 

Nah berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mempercepat tingkat perkembangan bisnis online Anda!

  • Optimalkan kinerja website toko online. Focus mengoptimalkan kecepatan halaman toko online Anda melalui user experience, kecepatan halaman, dan mobile responsiveness untuk menghindari situs yang lambat.
  • Berikan promo dan diskon. Tarik minat pelanggan dengan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang menarik.      
  • Gunakan media sosial. Berikan produk Anda lebih banyak eksposur dan jangkauan dengan posting ke semua platform sosial media bisnis Anda.      
  • Bangun email list bisnis. Beri tahu target audiens tentang produk terbaru bisnis dan tawarkan promo eksklusif kepada mereka melalui email list. 

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis untuk Brand Anda

Penutup

Meskipun saat ini sudah banyak eCommerce platform yang memungkinkan Anda untuk menjual barang secara online, membuat website toko online memang lebih menguntungkan.

Dengan membuat website toko online pribadi, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk mengatur dan mengontrol semua konten dan fitur yang ada pada website tersebut.

Tidak hanya itu, website toko online juga akan meningkatkan jangkauan, brand awareness, kredibilitas, dan juga penjualan bisnis online Anda.

Nah saat nanti bisnis online Anda mulai berkembang, tentunya Anda akan membutuhkan server resources yang lebih besar untuk menampung semua permintaan yang diterima.

Jangan khawatir, GoldenFast Network punya solusinya! Mulai dari 135 ribuan saja, Anda bisa mendapatkan layanan server terbaik seperti Cloud VPS Corporate dan dedicated server.

Tidak hanya itu, semua layanan GoldenFast Network sudah dilengkapi dengan hardware kelas enterprise, 99% server uptime, dan 24 jam monitoring dan support.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.