Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

7+ Plugin WordPress Terbaik 2021

3 min read

7+ Plugin WordPress Terbaik

Plugin WordPress adalah salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh platform CMS (content management system) populer ini.

Dengan sebuah plugin, pengguna bisa menambahkan fungsi dan juga fitur-fitur yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Cara memasang dan menggunakan plugin WordPress juga mudah. Kebanyakan plugin mempunyai interface sederhana yang mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Tidak hanya itu, WordPress juga menyediakan ribuan plugin gratis di dalam repository resminya lho Golden friends! Sangat menguntungkan bukan?

Namun dengan banyaknya pilihan plugin yang ada, memilih plugin paling tepat untuk website Anda memang tidak mudah.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa plugin wajib yang harus Anda miliki dan cara menginstallnya pada website WordPress Anda.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pilihan Plugin WordPress Terbaik

Berikut adalah beberapa pilihan plugin WordPress terbaik yang wajib Anda coba!

1. SEO Yoast

yoast seo

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat website pada halaman pencarian search engine (SERPs, plugin SEO Yoast bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini.

Plugin Yoast dilengkapi dengan banyak fitur yang membantu untuk mendapatkan ranking pada search engine seperti fitur optimasi keyword, fitur konten preview, dan juga readability checker. 

Tidak hanya itu, plugin Yoast juga sangat mudah digunakan lho Golden friends! Interfacenya yang sederhana membuatnya beginner friendly untuk pemain pemula SEO.

Anda bisa menggunakan plugin ini secara gratis. Namun jika Anda ingin fitur tambahan seperti saran internal link dan social sharing, versi premium Yoast dibanderol harga $89 per tahun.

2. All in One SEO Pack

Plugin WordPress: All in One SEO Pack

Selain plugin SEO Yoast, pilihan plugin untuk meningkatkan peringkat website Anda pada SERPs (search engine result pages) lainnya adalah All in SEO Pack.  

Sama seperti Yoast, plugin ini menyediakan banyak fitur terbaik seperti dukungan XML, Google AMP, API keys, kategori META keyword, Google Analytics, dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan plugin ini secara gratis. Namun jika ingin menggunakan fitur advanced seperti local SEO, harga versi premium All in One SEO pack dimulai dari $99 per tahunnya.

Baca juga: 8+SEO Tools Terbaik untuk Optimasi Website & Riset Keyword

3. Akismet Anti-Spam

Akismet Anti-Spam

Jika Anda membutuhkan plugin WordPress untuk memfilter komentar spam, Akismet Anti-Spam bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda.

Plugin akan melakukan analisis pada setiap komentar di situs Anda dan menandai komentar-komentar yang terlihat seperti spam.

Terlebih lagi, plugin Akismet menyediakan status riwayat pada setiap komentar untuk melihat mana komen yang diidentifikasi sebagai spam.

 Kabar baiknya, plugin WordPress bisa digunakan secara gratis! Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur premiumnya dengan harga mulai dari $5 per bulan.

4. WordFence Security 

WordFence Security 

Tidak ada webmaster yang menginginkan websitenya terkena hacking dan bentuk cyber crime lainnya.Untuk itu, sangat penting untuk memasang plugin keamanan. 

Salah satu pilihan plugin WordPress untuk itu adalah WordFence security. Dengan plugin ini, Anda dilindungi dengan perlindungan firewall, deteksi malware, dan masih banyak lagi.

 Versi gratisnya hadir dengan fitur yang cukup untuk menjaga keamanan situs Anda, tetapi Anda dapat memilih opsi keamanan lainnya dengan $99 per tahun.

Baca juga:5 Rekomendasi WordPress Affiliate Plugin Terbaik

5. Jetpack 

Jetpack 

Plugin keamanan terbaik lainnya datang dari Auttomatic bernama Jetpack. Selain fitur keamanan, plugin ini juga menawarkan bundling berisi puluhan fitur penting di dalamnya.

Mulai dari statistik traffic, percepatan website, keamanan login, spam filter, malware scanning, brute force attack protection, mengawasi downtime website, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, plugin Jetpack ini bisa diunduh secara gratis. Namun jika Anda ingin fitur premium seperti backup otomatis harian, harga versi premium dimulai dari $9 per bulan.

6. W3 Total Cache

W3 Total Cache

Pilihan plugin wajib lainnya untuk web owner adalah plugin kecepatan untuk website. Dengan jaman yang serba digital seperti sekarang, tidak ada orang yang menyukai website lambat.

Nah plugin W3 total cache akan membantu Anda membuat website Anda lebih cepat. Sesuai dengan namanya, plugin ini akan menyimpan cache pada browser pengunjung Anda.

Jadi saat pengunjung website membuka website Anda lain kali, browser tidak perlu mengunduh ulang segala resources dan sumber daya dari server.

Tentunya ini akan meningkatkan kecepatan loading website Anda. Selain itu, W3 total cache juga bisa membantu menghemat bandwidth dan resources server Anda.

Seperti plugin kebanyakan, Anda bisa menggunakan plugin W3 total cache dengan gratis. Sedangkan versi premium plugin ini dibanderol mulai dari $99 per tahun.

7. LiteSpeed Cache

LiteSpeed Cache

Plugin untuk meningkatkan kecepatan website lainnya bernama LiteSpeed Cache. Meskipun tidak sepopuler W3 total cache, plugin ini membantu website mendapatkan kecepatan optimal.

Tidak hanya itu, plugin ini juga dikenal sebagai plugin yang sangat mudah penggunaannya. Anda bisa dengan mudah mengunduh dan memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Salah satu fitur terbaik dari plugin ini adalah tingkat integrasinya yang sangat tinggi. LiteSpeed cache kompatibel digunakan bersamaan dengan plugin populer lainnya seperti WooCommerce.

Bahkan plugin LiteSpeed cache ini juga mempunyai fitur umum yang bisa digunakan pada server seperti LiteSpeed, NGiNX, Apache, dan lain sebagainya.

Plugin LiteSpeed Cache bersifat open-source. Ini berarti Anda bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis. Versi premium mulai dari $10 per bulan.

8. WP Social Sharing

Jika Anda ingin meningkatkan trafik dari website Anda, melakukan social media sharing bisa menjadi pilihan. Nah, plugin WP social sharing bisa menjadi solusi yang tepat untuk ini.

Plugin WordPress yang satu ini memudahkan pengunjung website dan juga web owner untuk membagikan postingan website Anda ke platform sosial media.

Saat ini plugin WP Social Sharing mendukung 6 media sosial platform populer seperti Google Plus, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Pinterest.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi dan plugin ini bisa langsung digunakan tanpa harus melakukan banyak konfigurasi sebelumnya.

Penutup

Plugin WordPress adalah fitur yang memudahkan web owner untuk menambahkan fungsi, fitur, dan konfigurasi pada sebuah WordPress website.

Nah di artikel kali ini kami telah membahas beberapa pilihan plugin WordPress wajib untuk website agar Anda tidak bingung dengan banyaknya pilihan di luar sana.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih ada pertanyaan tentang plugin WordPress, jangan lupa untuk tinggalkan pesan pada kolom komentar Golden friends!

Oh iya selain menawarkan layanan server terbaik, GoldenFast Network juga menyediakan blog informatif tentang digital marketing, web development  & security, dan hal-hal IT lainnya.

Yuk langsung saja buka blog GoldenFast Network dan belajar lebih banyak lagi tentang informasi teknologi!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *