Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Rack Server: Pengertian, Jenis, & Harganya

2 min read

Rack Server: Pengertian, Jenis, & Harganya

Diluar sana ada banyak beberapa jenis dan tipe hardware yang digunakan untuk mendukung  berbagai macam bisnis dan industri. Rack server adalah salah satunya.

Secara teori, rack server adalah sebuah tumpukan komputer bertenaga tinggi yang sangat ideal untuk menjalankan program berat di bawah segala macam kondisi.

Selain itu, rack server juga terkenal akan ruang penyimpanan yang hemat, skalabilitas, kemampuan upgrade, serta kemampuan ekspansinya.

Nah jika Anda ingin tahu lebih dalam lagi tentang rack server, Anda berada di tempat yang tepat! Di artikel kali ini kami akan membahas tuntas tentangnya.

Mulai dari pengertian, jenis-jenis, sampai harga dan dimana tempat terbaik untuk membelinya. Yuk langsung saja kita mulai artikelnya!

Apa Itu Rack Server?

Secara garis besar, rack server adalah sebuah rack yang dirancang khusus untuk menjadi penyimpanan server tersusun yang ditempatkan dalam struktur persegi panjang.

Penyusunan server yang seperti ini bertujuan untuk melancarkan semua jaringan yang ada di dalamnya seperti koneksi HUB, Switch, dan komputer. 

Satu penyimpanan rack server tunggal akan mempunyai beberapa server berbeda yang bertumpuk di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk menghemat ruang penyimpanan.

Selain membuat lokasi penyimpanan lebih efisien, menggunakan teknologi rack server juga akan meningkatkan aliran udara maksimal ruangan tersebut lho!

Dibarengi dengan sistem pendingin yang baik, tentunya hal ini akan memudahkan maintenance dan diagnostik teratur semua server yang ada di ruangan tersebut.

Rack Server

Meskipun mirip dengan tower server, kedua jenis server ini cukup berbeda. Tower server adalah sebuah kabinet yang berdiri sendiri dan cenderung lebih tinggi. 

Sebaliknya rack server memungkinkan akses ke server dengan membuka penutup yang bisa Anda temukan pada kedua sisi server rack tersebut.

Sama seperti server pada umumnya, rack server menyediakan data dan layanan khusus untuk klien yang menyimpan data dan informasi di dalamnya.

Rack server umumnya berada di dalam pusat data (data center) yang penuh akan ratusan atau bahkan ribuan lemari dan rak server.

Baca juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Ukuran Rack Server

Umumnya, sebagian besar rack server memiliki lebar dan standar konfigurasi industry sebesar 19 inch.  Namun ada juga yang menawarkan server dengan lebar 23 inci dan 24 inch.

Ketinggian rak server biasanya diukur dalam unit rak. Satu unit rak (U) sama dengan 1,75 inci.

Nah untuk menentukan tinggi totalnya, cukup kalikan nomor unit rak dengan 1,75 inci.

Unit satuan dari rack server dikenal dengan Unit Dimension yang terdiri dari Weight x Height x Depth. Unit ini menentukan daya tampung dan juga ukuran server tersebut.

Nah berikut adalah ukuran rack server pada umumnya:

Name Dimension
1U 19” x 1.75” x 17.7” 19” x 1.75” x 19.7” 19” x 1.75” x 21.5”
2U  19” x 3.5” x 17.7” H= 19” x 3.5” x 20.9” 19” x 3.5” x 24”
3U 17.1” x 5.1” x 25.5”
5U 19” x 8.34” x 19.67” x 19.1” x 8.75” x 26.4”
6U  19” x 10.5” x 19.5”
7U 17” x 12.2” x 19.8”

Baca juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Jenis Rack Server

Nah rack server juga memiliki banyak pilihan dan jenis lho Golden friends! Berikut adalah 3 jenis desain rack server yang akan sering Anda temui di pasaran.

1. Closed Rack

Closed rack adalah salah satu jenis rack server yang paling umum. Sesuai dengan namanya, server ini adalah tipe rak tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi double roof fan.

Server tertutup biasanya menggunakan pintu kaca dan penutup penyimpanan rak server yang terbuat dari bahan paling kuat dan kaku seperti metal galvanis.

Jenis server closed ini mampu menahan total beban hingga 50 kilogram. Sedangkan, harga pasaran dari server tersebut pun mempunyai harga sekitar 7 jutaan.

Jenis rak server tertutup harus disimpan di dalam ruangan yang bersuhu dingin agar semua perangkat aktif yang ada didalamnya bisa tetap bekerja secara efektif dan efisien.                                                                 

2. Open Rack

Sesuai dengan namanya, open rack adalah jenis server sederhana yang paling umum digunakan. Semua peralatan yang ada di dalamnya tertata dengan sangat sederhana.

Nah inilah yang membuat harga open rack  ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis rak lainnya. Jenis rack ini cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan penyimpanan besar.

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

3. Wallmount Rack

Wallmount rack adalah jenis rack server lainnya yang sering digunakan untuk menyimpan segala perangkat networking seperti HUB, Switch, Modem, dan lain sebagainya.

Rak server jenis ini umumnya memiliki satu pintu dan mempunyai model yang sangat sederhana. Namun, ada juga beberapa wallmount rack yang mempunyai model dua pintu.

Penutup

Pilihan rack server yang terbaik untuk program maupun bisnis Anda bergantung pada beberapa faktor yang telah kita bahas sebelumnya seperti ukuran, skalabilitas, dan lain sebagainya.

Umumnya, semakin besar server yang Anda pilih semakin banyak juga pilihan ekspansi dan penyimpanan yang akan Anda dapatkan Golden friends!

Namun perlu diingat bahwa saat Anda menambahkan lebih banyak komponen, server menjadi lebih berat dan mungkin membutuhkan lebih banyak daya.

Nah itu tadi pengertian dan pembahasan lengkap tentang rack server. Jika Anda masih punya pertanyaan tentangnya, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar ya.

Layanan server yang ada di GoldenFast Network, dedicated server, colocation server, maupun VPS server,  juga menggunakan jenis rack server lho Golden friends! 

Tentunya dengan begini server Anda akan selalu aman. Tidak hanya itu, semua layanan dibekali dengan hardware kelas enterprise, 24/7 customer service dan monitoring lho.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.