Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Remote Server: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

2 min read

Remote Server Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Tahukah Anda dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa mengakses server dari jarak jauh tanpa banyak masalah melalui teknologi remote server?

Jika Anda ingin belajar lebih dalam lagi tentang remote server, Anda membaca artikel yang tepat! Di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, fungsi, dan contoh-contoh aplikasi remote yang bisa Anda coba. Yuk langsung saja kita mulai, Golden Friends!

Pengertian Remote Server

Singkatnya, remote server adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah server dan jaringan dari jarak jauh.

Jadi meskipun tidak menggunakan jaringan LAN yang sama dengan server, pengguna server tetap bisa mengakses dan mengontrol server tanpa harus ke lokasi.

 Server  jarak jauh (remote) juga merupakan suatu server yang bisa diakses dengan bagian proses lain tanpa harus membuka koneksi secara langsung tanpa harus terpisah.

Dengan teknologi remote server, Anda bisa dengan mudah mengakses, mengontrol, dan melakukan segala hal pada server tanpa harus berada di lokasi server tersebut.

Istilah remote server sendiri bukanlah kata yang asing di dunia informasi teknologi — terutama untuk para webmaster yang mengurus server backend dan juga developer.

Baca juga: Mengenal Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Fungsi Remote Server

Nah setelah mengetahui apa itu remote server, berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat dari teknologi tersebut!

  • Memantau pemakaian resources sebuah jaringan.
  • Menghidupkan dan mematikan sebuah server dan komputer.
  • Memperbaiki sistem jaringan dengan cepat dan mudah kapan saja.
  • Memonitor keamanan jaringan 24 jam dengan lebih mudah.
  • Mempermudah pembaruan dan perbaikan sistem.
  • Mengontrol komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengakses dan membuat perubahan pada jaringan dan server.
  • Menghemat biaya pergi ke lokasi server setiap membutuhkan akses.

Baca juga: Cloud Server: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Contoh Aplikasi Remote Server

Nah jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan remote server untuk mengakses sebuah jaringan komputer dari jarak jauh, berikut adalah beberapa contoh aplikasinya!

1. Remote Utilities

Remote Utilities
Remote Utilities

Jika Anda mencari aplikasi remote server dengan full control dan juga view, Remote Utilities bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Berkat fitur Active Directory yang ada aplikasi ini, Anda bisa mengakses dan mengontrol sebuah server hanya dengan satu klik.

Tidak hanya itu, aplikasi yang juga seringkali disebut sebagai internet ID ini bisa digunakan untuk mengontrol 10 komputer sekaligus lho Golden friends!

Akses aplikasi Remote Utilities ini pun juga terjamin cepat aman karena adanya two factor authentication dan RDP (remote desktop protocol) integration. 

2. Unified Remote Desktop

Unified Remote Desktop

Jika Anda mencari aplikasi remote yang bisa digunakan di berbagai sistem operasi, Unified Remote Desktop adalah salah satu pilihan terbaik.

Aplikasi ini bisa digunakan pada berbagai perangkat melalui jaringan WiFi maupun Bluetooth. Mulai dari Windows, Mac, Linux dan bahkan perangkat mobile sekalipun.

Untuk bisa menggunakan remote server aplikasi ini, kedua perangkat yang terhubung harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu.  

Baca juga: 7+ Aplikasi Remote PC Terpopuler

3. TeamViewer

TeamViewer

TeamViewer adalah salah satu aplikasi remote populer yang sudah sering digunakan oleh banyak orang berkat kemudahan penggunaannya.

Menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi router dan firewall pada jaringan komputer untuk melakukan koneksi  secara remote.

Aplikasi ini juga memungkinkan akses remote cross platform (lintas platform) ke perangkat apapun secara aman dari mana dan kapan saja.

TeamViewer dapat menghubungkan banyak perangkat. Mulai dari komputer, smartphone, server, perangkat IoT (Internet of Things), sampai robot sekalipun.

Tidak hanya itu, TeamViewer berkata Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar pada lingkungan bandwidth rendah dan bahkan di luar angkasa lho!

Baca juga: 7+ Jenis Aplikasi Server Terbaik & Fungsinya

4. Windows Remote Connection

Untuk Anda pengguna Windows, Windows Remote Desktop adalah aplikasi remote yang sudah terintegrasi di dalam sistem operasi tersebut.

Untuk mengaktifkannya, Anda harus membuka menu system properties pada pengaturan komputer dan aktifkan menu Allow remote connection.

Selanjutnya, aktifkan menu port forwarding pada router untuk memungkikan jaringan komputer luar untuk terhubung ke komputer Anda tanpa kendala.

Windows Remote Desktop juga mempunyai interface yang beginner friendly sehingga sangat mudah digunakan — bahkan untuk pemula sekalipun.

Selain itu, aplikasi Windows Remote Desktop ini menyediakan fitur chatting dan video call yang bisa digunakan untuk berkomunikasi saat melakukan akses remote.

Baca juga: Network Security: Pengertian, Konsep, & Jenis-Jenisnya

Penutup

Remote server adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses sebuah server dan jaringan komputer secara jarak jauh (remotely).

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari remote server. Salah satunya adalah mendapatkan kebebasan untuk mengakses server dimana dan kapan saja.

Nah di artikel ini kami sudah membahas pengertian remote server, manfaat, fungsi dan juga aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengaksesnya.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut tentang teknologi remote server, langsung saja tinggalkan pesan pada kolom komentar Golden friends!

Nah jika Anda membutuhkan layanan server terbaik untuk menghosting aplikasi, website, dan proyek Anda, GoldenFast Network punya solusinya!

Mulai dari 135 ribuan saja per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan Cloud VPS Corporate, Dedicated Server,  dan juga Colocation Server.

Tidak hanya itu, semua layanan server GoldenFast Network juga dilengkapi dengan server uptime 99%, hardware kelas enterprise, beserta 24 jam monitoring dan customer service.

Yuk langsung saja bergabung dengan GoldenFast Network!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *