Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

8+ Aplikasi Hacker Paling Sering Digunakan untuk Hacking

3 min read

Aplikasi Hacker Paling Sering Digunakan untuk Hacking

Jika Anda sudah lama bergelut dengan dunia informasi teknologi dan cyber security, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah hacker dan hacking.

Singkatnya, hacker adalah individu yang masuk ke sistem komputer orang lain tanpa izin dari pemiliknya. Istilah hacker biasanya memang mempunyai konotasi yang negatif.

Namun sebenarnya ada juga ethical hacker yang membantu perusahaan melihat kelemahan-kelemahan yang ada pada website mereka lho Golden friends!

Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati agar website atau server Anda bebas dari ancaman hacker.

Tentunya Anda tidak ingin menjadi korban hacker black hat yang sangat merugikan kan?

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa aplikasi hacker yang paling sering digunakan untuk meretas sebuah website.

Yuk langsung saja kita mulai!

Jenis-Jenis Hacker

Sebelumnya kami memang sudah pernah membahas dengan lengkap tentang pengertian hacker dan tipe-tipenya. 

Nah untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut adalah rekap singkat dari jenis-jenis hacker yang sering ditemui di Internet:

  1. Ethical Hacker — peretas yang mendapatkan akses legal ke sistem untuk melakukan pengujian dan memperbaiki semua kelemahan yang ada pada sistem tersebut. 
  2. Black hat hacker — peretas yang mengakses sebuah sistem komputer tanpa izin, biasanya tujuan dari black hat hacker adalah untuk mencuri data, mendapatkan uang, dan lain-lain.
  3. Grey hat Hacker — tipe ini berada di antara ethical dan black hat hacker, grey hat hacker  mencari kelemahan sebuah sistem dan menawarkan solusi kepada pemilik sistem tersebut dengan harapan akan mendapatkan sebuah imbalan.
  4. Script Kiddies — tipe hacker jenis ini biasanya adalah hacker baru yang tidak terlalu handal dan hanya mengandalkan kode orang lain untuk menjalankan misi hackingnya.

Baca juga: Macam-macam Perbedaan Hacker dan Cracker

8+Aplikasi Hacker Yang Paling Sering Digunakan Hacker

Pastinya Anda sudah penasaran kan apa saja aplikasi hacker yang sering digunakan untuk meretas website atau sistem? 

Berikut adalah beberapa daftar aplikasi hacker terbaik yang patut Anda periksa dan coba!

Aplikasi Hacker Paling Sering Digunakan untuk Hacking

1. Acunetix

Sebenarnya, Acunetix adalah aplikasi cyber security yang digunakan untuk memindai keamanan aplikasi web secara akurat. 

Aplikasi ini akan mengidentifikasi celah-celah keamanan dari kode javascript, HTML5 dan lain lain untuk menemukan celah-celah keamanan yang ada pada sistem Anda.

Acunetix biasanya digunakan oleh para ethical hacker untuk tetap menjadi selangkah lebih depan dari hacker-hacker yang merugikan. 

2. Hackcode

Nah jika Anda ingin melakukan pengujian pada sistem OS buatan Google seperti Android. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mencari kelemahan yang ada pada sistem Android.

Beberapa fitur yang ada seperti Google Hacking, SQL Injection, MySQL server, WhoIs, DNS 

lookup, DNS Dif, Security RSS Feed, Exploits dan lain-lain.

Kabar baiknya, berkat fleksibilitas dan multifungsinya, hackode bisa digunakan oleh para pemula maupun profesional. Untuk Anda yang baru belajar hacking, aplikasi ini sangat tepat!

3. Lucky Patcher

Jika Anda mencari aplikasi hacker berbasis Android, Lucky patcher bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Aplikasi ini biasa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi berbayar menjadi gratis.

Selain itu, aplikasi ini juga biasa digunakan untuk membuat file aplikasi baru untuk membuat iklan phising, dan juga menghilangkan iklan yang ada dalam sebuah aplikasi.

Untuk bisa menggunakan aplikasi lucky patcher, tentunya Anda harus mempunyai root access pada sistem smartphone Anda.

4. Netsparker

Sebenarnya, Netsparker adalah sebuah layanan security scanner yang membantu para web developer dalam mencari celah-celah keamanan yang ada pada sebuah website.

Namun sayangnya, layanan ini sering disalahgunakan oleh para hacker untuk membobol website dengan keamanan yang lemah.

Netsparker memang terkenal sebagai aplikasi hacker yang sangat berguna karena tool ini dapat melakukan uji coba terhadap kesalahan yang ditemukan pada website tersebut.

Tidak hanya itu, Netsparker juga menawarkan versi gratis yang bisa digunakan untuk melakukan analisa beberapa website.

Dengan fitur ini, para hacker bisa dengan mudah melihat kelemahan dan membobol website Anda.

5. Termux

Termux adalah aplikasi Android yang berfungsi sebagai terminal emulator sistem operasi berbasis Linux Debian.

 Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk memasukan, menampilkan, dan mencetak data pada sistem operasi Linux langsung dari perangkat Android Anda.

Dengan Termux, hacker bisa menjalankan bahasa pemrograman seperti Python, Perl, Ruby dan menggunakan SSH client tanpa harus mempunyai root akses. 

Termux bisa digunakan untuk meretas jaringan wifi, mempercepat koneksi internet, dan membuat jaringan internet smartphone Anda lebih stabil.

Baca Juga: Cybercrime: Pengertian, Tipe, dan Langkah Mencegahnya

6. Traceroute NG

Perangkat lunak yang satu ini memungkinkan Anda untuk menganalisis jalur jaringan, mengidentifikasi alamat IP, nama host, dan lost package melalui baris perintah interface. 

Dengan Traceroute, Anda bisa melakukan analisis jalur jaringan dan koneksi dari satu sistem ke sistem lainnya. Biasanya software ini digunakan untuk melakukan diagnosa jaringan.

Selain itu, software ini juga bisa digunakan untuk mengeksploitasi IP packet header yang dikenal dengan nama TTL atau Time-to-leave. 

7. Burp Suite

Aplikasi berikutnya, Burp Suite, adalah sebuah java-based framework yang digunakan untuk melakukan pengujian sistem dan aplikasi. 

Alat ini banyak digunakan oleh profesional untuk mengidentifikasi kelemahan dan serangan yang mempengaruhi aplikasi web. Dengan fitur-fitur yang canggih, Burp Suite 

Dengan fitur-fiturnya seperti pemetaan awal hingga analisis lengkap serangan aplikasi, Burp Suite biasanya digunakan para ethical hacker untuk memeriksa dan memperbaiki kelemahan yang ada pada sebuah sistem. 

8. Ettercap

Ettercap adalah salah satu alat hacker yang sering digunakan oleh para ethical hacker. Alat ini mendukung diseksi fitur aktif dan pasif untuk analisis jaringan dan host melalui banyak protokol.

Menggunakan Ettercap, Anda bisa melakukan serangan melawan protokol ARP dengan menjadi sebagai “penengah” yang bisa menginfeksi, mengganti, atau menghapus data dalam sebuah koneksi.

Selain itu, Anda juga bisa digunakan untuk melihat password pada protokol seperti FTP, HTTP, POP, dan SSH. 

Bahkan Ettercap juga mempunyai banyak plugin yang bisa melakukan serangan-serangan lain seperti DNS spoofing

9. WebInspect

Pilihan aplikasi hacker yang terakhir adalah WebInspect. Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang umumnya digunakan oleh para hacker.

Fungsi utama dari WebInspect adalah untuk menyediakan analisa komprehensif dari sebuah layanan website yang kompleks. 

Anda akan diberikan laporan lengkap tentang website yang Anda analisa, mulai dari performance dari website itu sendiri sampai kelemahan keamanan yang ada.

Aplikasi WebInspect memugkinkan hacker dan security analyst untuk melakukan hacking secara etis dan membenarkan kelemahan yang ada pada sebuah sistem.

Baca Juga: Brute Force Attack: Pengertian, Tipe & Langkah Mencegahnya

Penutup 

Nah, itu tadi beberapa aplikasi hacker yang sering digunakan untuk hacking Golden friends! 

Meskipun hacker memang memiliki konotasi yang negatif, sebenarnya hacking juga bisa digunakan untuk memastikan keamanan dari sebuah sistem lho.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menjadi ethical hacker, aplikasi-aplikasi yang sudah kami sebutkan diatas mungkin bisa membantu Anda memulai!

Selanjutnya, yuk perdalam terus pemahaman Anda mengenai berbagai isu keamanan siber dan beberapa tips jitu menanggulanginya di blog GoldenFast Network.

Dan jika Anda adalah seorang webmaster, jangan lupa juga untuk membekali website Anda dengan server yang reliabel dan memiliki berbagai fitur fungsional. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memanfaatkan layanan dedicated server, colocation server, dan VPS server dari GoldenFast Network

Kabar baiknya, semua layanan server dari GoldenFast Network didukung oleh tim teknis profesional, 24/7 customer service & network monitoring, dan fitur-fitur terbaik lainnya!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

4 Replies to “8+ Aplikasi Hacker Paling Sering Digunakan untuk Hacking”

    1. Sama-sama kak! Untuk link downloadnya, silahkan cari saja nama aplikasinya di app store, google play, dan internet ya kak. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *